P. Raya

Aww !!! Rp 120 Ribu Perkilogram, Harga Cabai di Kota Cantik

PALANGKA RAYA – Berdasarkan hasil pemantauan Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Palangkaraya menjelang perayaan natal dan tahun baru harga cabai di Kota Cantik melonjak tinggi. 

Berdasarkan hasil pantauan di Pasar Kahayan, diketahui harga cabai rawit sudah menembus harga Rp120 ribu per kilo. Kabid Perdagangan, Alan Syah mengatakan sehari sebelumnya harga cabai masih Rp110 ribu dan kini mengalami kenaikan 9 persen.

“Mahalnya harga cabai ini karena petani di Kota Cantik banyak yang mengalami gagal panen akibat lahan pertanian banyak yang terendam banjir beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Alan Syah menambahkan selama ini kebutuhan cabai untuk masyarakat Palangka Raya disuplai dari Kapuas dan Kalsel, sehingga kestabilan harga cabai sulit dikendalikan jika di daerah terjadi gagal panen. Sementara itu untuk harga kebutuhan pokok lainnya terpantau masih stabil, termasuk harga daging ayam dan sayur mayur lainnya.

Sementara itu Mory, seorang penjual sayur di Jalan Tjikik Riwut Km 10 menuturkan saat ini dia menjual cabai dengan harga Rp100 ribu perkilo. Meski mahal, kualitas cabai kurang segar, karena merupakan stok dari beberapa hari. “Saat ini harga cabai cenderung naik karena sedikitnya stok yang tersedia,” bebernya. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments