P. Raya

Azarya Florist Hobi Kreatif  Manfaatkan Lahan Sempit

PALANGKA RAYA - Berangkat dari hobi dan keinginan untuk membuka usaha sendiri, Sohidin seorang mantan supervisor marketing sebuah perusahaan perkreditan, berhasil menyulap lahan sempit sekaligus tempat tinggalnya  menjadi tempat usaha pertamanan yang tampak seperti oase kecil  segar dan menarik.

Bagi Sebagian orang tentu mempunyai tantangan tersendiri dalam mengelola sebuah lahan sempit sekaligus tempat tinggal untuk menata dan memelihara  lahan untuk berusaha.

Namun di tangan dingin Sohidin yang memang mempunyai hobi dengan berkebun ini, bisa mengembangkan  tanaman, menata, sekaligus menjadikan hobinya menjadi usaha yang terus dikembangkannya.

Setelah berhenti dari perusahaan tempatnya bekerja ia pernah menggeluti berbagai pekerjaan dan usaha, sempat pula bekerja sebagai tenaga honorer di sebuah sekolah bahkan pernah menjadi pemulung barang barang bekas dan pekerjaan kasar lainnya, apapun pekerjaan yang menurutnya halal ia jalani. Pada saat pandemic merebak, usaha dan pekerjaannya  terdampak hingga membuatnya berkeinginan meninggalkan usahanya untuk pulang ke kampung halamannya di Banjarmasin.

Berawal dari hobi tersebut ia mengoleksi tanaman hias berbagai jenis dan merawat serta menatanya, di tambah posisi rumah yang cukup strategis tepat di pinggir jalan raya, sering dilirik orang yang lewat dan mencari tanaman hias serta bibit tanaman, hingga membuatnya berpikir untuk mengembangkan hobinya tersebut menjadi sebuah usaha.

Dengan label Azarya Florist yang telah berbadan hukum,  berlamatkan di Jalan Bukit Raya Induk ini, Sohidin bukan hanya menjual tanaman hias atau bibit buahan saja, tetapi menjual pupuk organik dan non organik, juga melayani jasa perawatan pembuatan taman, indoor, outdoor dan dekorasi seperti acara pesta perkawinan, natal, grand opening, atau berbagai acara dengan menyewakan tanaman hidup beserta perlengkapannya.

Menurut  Sohidin untuk harga penjualan tanaman dan buah buahan saat ini di dasarkan pada harga pasaran standar yang umum di pasaran,  dengan selalu memantau harga dengan teman teman komunitas pertamanan. Sedangkan untuk pengadaan pembuatan taman harga bisa disesuaikan dengan per item tanaman dan negosiasi jasa pembuatan serta penanaman.

Sohidin tetap memegang teguh prinsip etika dagang dengan selalu menjaga  dan menjalin hubungan baik dengan pembeli, pelanggan maupun dengan sesama penjual tanaman yang sama, Dan selalu mengutamakan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Walau sudah mempunyai usaha pertamanan dan laundry yang dikelolanya bersama istri, di sela sela usahanya, Sohidin masih bekerja merawat taman pada instansi dan Lembaga Pendidikan di Palangka Raya.

(Altius Utama)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments