P. Raya

Badan Pengawasan obat dan makanan Program "Laura Jempol."

PALANGKA RAYA - Badan Pengawasan  Obat Dan Makanan (BPOM) Palangka Raya, Provinsi Kalteng,  melalui salah satu program prioritas nasional, Desa Pangan Aman, pastikan keamanan pangan yang merupakan bagian penting dalam mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan sosial,  Untuk itu, Balai Besar BPOM di Palangka Raya selaku Unit Pelaksana Teknis BPOM melakukan terobosan baru program "Laura Jempol."

Saat di temui di kantor Jumat (29/9/2023). Kepala Dinas BPOM  Palangka Raya, Drs.Safriansyah melalui Kepala Bidang Bagian Tata Usaha BPOM Palangka Raya, Provinsi Kalteng Yani Ardiyanti mengatakan, intensifikasi pengawasan keamanan pangan yang bertujuan untuk mendapatkan potret penerapan keamanan pangan di masyarakat luas, para pelaku usaha makanan dan UMKM. Salah satu kegiatan pengawasan yang dilakukan adalah melalui pengambilan sampel dan pengujian sampel makanan.

"Kegiatan pengambilan sampel  dilakukan terhadap pelaku usaha pangan olahan di  masyarakat khususnya Kegiatan dilaksanakan dengan uji produk pangan melalui mobil laboratorium keliling dengan menggunakan rapid test kit terhadap 4 (empat) parameter bahan kimia berbahaya pada pangan yakni Boraks, Formalin, Rhodamin B, dan Methanyl Yellow, "Ucap Yani.

Yani menambahkan, pada program Laura jempol tersebut petugas BPOM di Palangka Raya juga memberikan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat selaku pelaku usaha terkait Lima Kunci Keamanan Pangan dalam mengolah pangan, dan Waspada Bahan Kimia Berbahaya pada Pangan, agar menjadi konsumen cerdas dalam memilih, mengolah, dan mengkonsumsi pangan. Selain itu, petugas juga memperkenalkan salah satu program inovasi "LAURA JEMPOL" (Layanan Uji Gratis Jemput Bola).

''Melalui kegiatan ini diharapkan terwujudnya keamanan pangan secara mandiri dan menyeluruh kepada  masyarakat secara konsisten terkait keamanan pangan yang  di kelolanya yang diperjual belikan kepada masyarakat luas sebagai konsumen," Imbuhnya.

Satu lagi untuk informasi bagi masyarakat luas yang ingin menguji bahan makanan yang dikonsumsi dan diperjual-belikan, langsung saja bisa datangi kantor BPOM atau datangi mobil Laura jempol Program baru layanan uji gratis, supaya masyarakat luas para pelaku usaha dan UMKM mendapatkan lisensi keamanan makanan dan lebih bermerk sudah mempunyai lisensi keamanan makanan.dari BPOM.  Masyarakat pastinya berpikir biayanya mahal, itu karena masyarakat luas belum mengetahui.

"Datanglah ke kantor BPOM akan diberi informasi dan masalah biaya akan dibantu oleh BPOM, untuk pendampingan," Tutup Yani.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments