Barut

Banjir Di Barito Utara, Rendam Wilayah Perkotaan

MUARA TEWEH - Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Barito Utara, maupun Kabupaten Murung Raya selama sepekan ini, membuat air meluap hingga beberapa meter. Air di sungai Barito begitu cepat naik hingga mencapai ketinggian delapan meter dan membuat perumahan warga di pinggiran sungai direndam banjir.

Pantauan Rabu pagi, wilayah perkotaan, seperti jalan Merak, Dahlia, Panglima Batur dan Cepaka Putih ketinggian air hingga mencapai lutut orang dewasa. Bahkan ratusan pemukiman warga di wilayah padat penduduk tersebut juga direndam banjir yang begitu cepat meninggi.

Selain wilayah perkotaan di kecamatan Teweh Tengah, banjir juga rendam kelurahan Jingah dan Jambu Kecamatan Teweh Baru. Selain itu juga ribuan rumah warga di dua Kecamatan seperti Lahei dan Lahei Barat juga direndam banjir, bahkan ketinggian air hingga mencapai dua meter.

Sadikin warga Lahei, Rabu (17/1/2024) mengatakan, hingga saat ini air masih naik begitu cepat, karena selain hujan di wilayah Barito Utara, juga air kiriman dari Kabupaten Murung Raya. Sementara aliran sungai Barito melewati puluhan perkampungan warga di Barito Utara.

"Selama tiga hari ini air begitu cepat naik dan rumah kami juga direndam banjir hingga lebih satu meter,"ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Saprudianto warga jalan mawar Muara Teweh, kini air sudah merendam ruas jalan di wilayahnya dan bahkan tidak sedikit rumah juga direndam banjir.

Menurut Yanto panggilan akrabnya, sudah tiga hari ini intensitas hujan kota Muara Teweh dan sekitar cukup tinggi, sehingga air begitu cepat naik dan merendam ruas jalan protokol di kota Muara Teweh.

"Kita menghimbau kepada warga agar waspada dan mengungsi ketempat yang aman,"pungkas Yanto yang juga ketua RT 20 jalan Mawar ini.

 

(Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments