P. Raya

Bantuan Sembako Dan Dukungan Dana 15 Juta Per KK Untuk Korban Kebakaran

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalteng dan Wakil Gubernur Kalteng menyapa masyarakat dan menyalurkan bantuan Pasca kebakaran  secara langsung kepada warga terdampak musibah kebakaran yang terjadi pada hari Minggu, 7 April 2024 malam, bertempat di Halaman Puskesmas Pahandut Jl. Darmosugondo Palangka Raya, Selasa (9/4/2024).

Usai melaksanakan salah subuh berjamaah Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran  didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugaianto Sabran,  Wagub Kalteng H. Edy Pratowo, Sekda Provinsi Kalteng H. Nuryakin , dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng, melihat kondisi masyarakat dan meninjau secara langsung lokasi kebakaran yang terjadi beberapa hari lalu, tepatnya berada di Gang Sayur, Gang Karyawan dan Gang Giat komplek Puntun Kelurahan Pahandut, Kota Palangka Raya.

Pada kesempatan itu, Gubernur kalteng menyampaikan turut prihatin atas musibah yang menimpa warga, apalagi di penghujung bulan suci Ramadan dan menyambut Idulfitri 1445 H. Gubernur mengharapkan warga masyarakat yang mengalami musibah tetap tabah dan sabar menghadapi cobaan tersebut.

Sesuai dengan instruksi Gubernur Kalteng, pada pagi harinya Wakil Gubernur, Sekda Provinsi Kalteng dan jajaran Pemerintah Provinsi  Kalteng hadir dan menyerahkan secara langsung bantuan kepada masyarakat yang mengalami musibah kebakaran tersebut.

“Saat ini saya bersama pak Sekda dan jajaran Pemerintah Provinsi Kalteng,  mendatangi bapak ibu untuk menindak lanjuti insruksi pak Gubernur, supaya Pemerintah Provinsi Kalteng hadir di tengah-tengah masyarakat dan memberikan bantuan kepada warga yang mengalami musibah kebakaran” ucap Wagub.

Dikatakannya pula, bantuan yang disalurkan secara langsung oleh Pemerintah Provinsi Kalteng kepada 50 kepala keluarga (KK) yang mengalami musibah kebakaran tersebut berupa sembako, per paketnya berisi beras 5 kg, gula, minyak goreng, teh, mie instan dan biskuit kaleng. Selain itu diberikan dukungan anggaran sebesar 15 juta rupiah per KK kepada masyarakat terkena musibah yang akan ditransfer melalui rekening.

Menurut Wagub, walaupun bantuan tersebut tidak sebanding dengan rumah yang terbakar, tetapi hal ini merupakan wujud kepedulian dan rasa kemanusiaan Pemerintah Provinsi Kalteng kepada masyarakat di bulan penuh keberkahan ini.

Selanjutnya, disebutkan pula bahwa bantuan yang disampaikan tersebut diambil dari anggaan Belanja Tak Terduga (BTT), untuk hal-hal yang sifatnya emergency seperti banjir, kebakaran dan resiko sosial lainnya sudah disiapkan anggaran dari provinsi.

Jumlah bantuan ini memang tidak seberapa, tapi paling tidak dapat meringankan dan sangat bermanfaan bagi masyarakat, tinggal proses penyiapan data-datanya by name, by address dan sistemnya juga transfer melalui rekening,"Tutur Wagub.

Senada dengan itu Sekda H. Nuryakin menegaskan, bahwa bantuan yang diberikan tersebut merupakan bantuan Pemerintah Provinsi Kalteng yang disalurkan berdasarkan data yang sudah disiapkan oleh RT dan lurah setempat, berupa sembako dan bantuan dalam bentuk uang.

“Bantuan ini adalah bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap masyarakat, dan untuk diketahui bahwa bantuan dalam bentuk uang akan akan masuk ke rekening setiap kepala keluarga, diharapkan masyarakat bisa bersabar menunggu prosesnya, "Imbuh Sekda.

Kegiatan dihadiri oleh, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, sejumlah Kepala OPD dan Kepala Biro lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng, Pejabat Pemerintah Kota Palangka Raya terkait, serta Camat Pahandut.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments