Barsel

Barito Selatan Panen Cabai Terbesar

BUNTOK - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan menggelar panen raya, tanaman hortikultura jenis cabai di Desa Pamangka Kecamatan Dusun Selatan, rabu (29/3/2023).  

Dalam kegiatan panen raya cabai terbesar di barito selatan kalimantan tengah selain penjabat Bupati Barsel Lisda Arriyana S. Sos dan sejumlah unsur forkopimda setempat, kegiatan itu juga dihadiri direktur perbenihan hortikultura kementrian pertanian RI  Dr Inti Pertiwi Nashwari Sp Msi.

Dalam kesempatan kegiatan tersebut penjabat  bupati barsel lisda arriyana menjelaskan  bahwa cabai yang di panen tersebut, adalah milik kelompok tani binaan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan dan Peternakan (DKP3) Pemerintah Kabupaten  Barito Selatan.

Penjabat Bupati Barsel Lisda Arriyana mengakui cabai yang subur dan berbuah banyak bibitnya, merupakan bantuan langsung dari Kementrian pertanian Republik Indonesia .

Diakuinya, tanaman cepat panen yang ditanam oleh sejumlah kelompok tani di desa tersebut sangat memuaskan. Faktanya, hasil panennya juga turut serta memenuhi pasar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Cabai yang  dipanen tersebut langsung ditimbang, karena pembelinya sudah siap dan oleh pengepul.  Nantinya cabe akan dipasarkan kembali ke provinsi tetangga banjarmasin dan Kalimantan Timur.

Sementara Dr.Inti Pertiwi Nashwari Sp Msi yang juga merupakan PLT Staf Ahli Menteri Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional mengungkapkan  rasa bangganya melihat keberhasilan kelompok tani di barsel.

Selaku PLT Staf Ahli Menteri Bidang perdagangan dan hubungan internasional dirinya senang dan merasa bangga karena semua bibit yang mereka berikan tersebut ternyata membuahkan hasil sangat memuaskan.

(Ary Mampas)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments