Kalteng

Baru Dibangun, Kanal di Kuluk Bali Katingan Ini Jebol 

KASONGAN - Kanal yang baru dibangun di Desa Kuluk Bali, Kecamatan Pulau Malan, Kabupaten Katingan jebol akibat luapan Sungai Katingan, Minggu, 22 Agustus 2021.

Akibatnya, satu rumah warga yang tidak jauh dari bangunan kanal kebanjiran, sebab air yang menerjang kanal terus meluap hingga menyebabkan rumah warga ini terendam.

Camat Pulau Malan, Paulus H Victor membenarkan jebolnya bangunan kanal di Desa Kuluk Bali itu. "Ia pembuatan kanal banjir yang baru selesai dibuat oleh pihak rekanan dari PU saat ini terputus di daerah Desa Kuluk Bali Kecamatan Pulau Malan," tutur Camat Pulau Malan, Paulus H Victor.

Dan yang mengkhawatirkan, kata dia adalah salah satu bangunan rumah warga yang dekat kerukan tersebut kebanjiran akibat kanal jebol itu.
"Hujan masih terus turun sampai dangan saat ini serta  debit air saat ini juga terus naik," ujarnya.

Paulus H Victor mengatakan pembangunan proyek kanal itu baru beberapa hari ini selesai dikerjakan pihak kontraktor. Bahkan beberapa hari sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan stafnya serta pihak kontraktor melakukan peninjauan pembangunan kanal ini.

Namun curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir menyebabkan Sungai Katingan meluap, termasuk di wilayah Kecamatan Pulau Malan, yang mulai hari ini terdampak banjir kiriman dari wilayah hulu.


(Didit)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments