Kalteng

Belasan Rumah Terbakar Di Pemukiman Padat Penduduk

PANGKALAN BUN - Kawasan pemukiman padat penduduk di jalan brunai RT 07 RW 02, Kelurahan Baru Pangkalan Bun, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat  pada minggu malam 14/08/2022 pukul 19.40 wib kembali terbakar yang menghanguskan belasan rumah warga. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Api yang membakar seluruh bangunan rumah warga yang rata-rata berbahan dasar  dari kayu dan jarak rumah warga yang satu dengan yang lainnya saling berdekatan membuat api dengan cepat merambat ke rumah lainnya sehingga kebakaran semakin meluas.

Minimnya penerangan dan akses masuk ke lokasi yang menyempit akibat, kerumunan warga menjadi salah satu penghambat team pemadam kebakaran untuk bekerja maksimal. Dengan menurunkan 8 unit damkar milik pemda kobar 4 unit damkar milik BPBD Kobar 1 unit milik relawan belakar kobar 1 unit milik relawan huma singgah itah kobar dan 3 unit mobil pmi kobar petugas dan warga berjibaku berusaha memadamkan api.

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa namun 3 orang anggota damkar harus dilarikan kerumah sakit akibat kelelahan dan terhirup asap kebakaran. Bukan yang pertama kalinya namun juga pernah terjadi di tahun 2014 lalu yang membakar puluhan rumah warga yang ada di pinggiran sungai arut.

Dari belasan rumah warga yang terbakar tadi malam ada 3 buah, rumah yang harta bendanya tidak bisa, terselamatkan. Pemiliknya hanya tinggal mengenakan baju selembar di badan karena pada saat kejadian pemilik rumah sedang tidak berada di tempat.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments