Nasional

Beli Pertalite & Solar Dibatasi, Nomor Kendaraan Harus Terdaftar di Aplikasi MyPertamina

PT Pertamina (Persero) memastikan prosedur pembelian & kriteria pembeli Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite & Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar akan dibatasi melalui aplikasi MyPertamina.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan bila penjualan BBM subsidi dilakukan secara bebas, kuota Pertalite juga Solar tidak akan relatif sampai akhir tahun. Sehingga pembatasan ini akan dilakukan secara sistemik melalui digitalisasi.

"Kita sedang uji coba untuk menggunakan MyPertamina buat BBM subsidi, agar lebih sesuai tujuan. Kalau saat ini seluruh orang bisa, tergantung risih apa enggak gunakan kendaraan beroda empat bagus beli Pertalite atau Biosolar," jelasnya ketika di Media Gathering, Rabu (8/6).

Pertama, lanjut Nicke, restriksi ini terkait kriteria siapa yang berhak menikmati BBM bersubsidi ini. Menurut dia, kuncinya terdapat pada regulasi yang tercantum pada revisi Perpres No 191 Tahun 2014 mengenai Penyediaan, Pendistribusian, & Harga Jual Eceran BBM.

"Nanti terdapat detailnya jenis-jenis tunggangan rakyat yang berhak. Nanti yang telah terdapat kriteria yang jelas akan langsung bisa di-set pada digitalisasinya, sebagai akibatnya nanti kalau terdapat yang tidak berhak ini tidak bisa ngocor nozzle-nya," jelasnya.

Selain dari penentuan kriteria pembeli, Nicke menyebutkan restriksi penjualan Pertalite & Solar juga akan dibatasi menurut kuota pembelian harian. MyPertamina nantinya akan mendeteksi kendaraan yang melebihi jumlah kuota.

(M.Iksan)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments