P. Raya

Berkunjung ke Paru-Paru Dunia Jangan Lewatkan 2 Minuman Khas Kalteng ini

Palangka Raya - Tak kalah dari ragam kuliner yang dapat dijumpai jika berkunjung ke kota-kota besar lainnya di Indonesia, Kalimantan Tengah juga punya sejumlah kuliner istimewa yang tak kalah menggoda untuk dicoba.

Rekomendasi kuliner kali ini hadir dalam bentuk minuman menyegarkan yang bisa dicoba jika anda punya kesempatan berkunjung ke Kalimantan Tengah. 2 antaranya : Baram Tuak dan Es Jagung. Penasaran apa saja minuman menyegarkan yang bisa dicoba? Berikut detailnya.

Di mulai dari Baram Tuak, Jika menilik namanya sekilas, mungkin beberapa orang akan beranggapan minuman satu ini sebagai santapan ilegal karena mengandung alkohol. Faktanya, Baram atau Tuak khas Kalimantan Tengah merupakan minuman daerah yang memiliki unsur tradisional yang sangat kental.

Baram atau tuak ini merupakan salah satu minuman tradisional dan turun-temurun Suku Dayak yang dihasilkan dari fermentasi beras ketan. Lebih detail, Suku Dayak bahkan menganggap minuman satu ini sebagai simbol kebersamaan yang jika diminum secara bersama akan mempererat tali persaudaraan.

Pada tahun 2020 lalu, tuak khas Kalteng ini sudah disahkan secara legal karena mengandung kearifan lokal dan dibuat dengan bahan-bahan tradisional.

Satu jenis Tuak yang paling dikenal yaitu Tuak yang berasal dari wilayah atau Kabupaten Lamandau, yang memiliki dua rasa yaitu manis dan pedas. Bagi pengunjung yang kebetulan berkenan mengonsumsi minuman mengandung alkohol bisa mendapatkan minuman satu ini dengan harga Rp15 ribu per liternya. 

Selanjutnya  Es Jagung, Mungkin belum terlalu familiar bagi sebagian besar orang, karena biasanya jagung justu diolah menjadi makanan utama atau camilan. Tapi di beberapa daerah termasuk Kalimantan Tengah, jagung nyatanya bisa menjadi bahan dari minuman menyegarkan yang cukup banyak digemari.

Disajikan dengan es batu dan menggunakan jagung yang masih berusia muda, es jagung diketahui memiliki cita rasa yang unik dengan penyertaan komposisi layaknya gula dan susu.

Tidak terlalu sulit untuk didapat, kuliner menyegarkan satu ini nyataya dapat ditemui dengan mudah di sejumlah kedai minuman atau bahkan pedagang yang menjajakan minuman satu ini di sudut jalan tertentu. Lain itu, harga yang umumnya dipatok untuk minuman satu ini juga terbilang terjangkau, yaitu di kisaran Rp10 ribu per gelasnya.

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments