Barut

BNPB Serahkan Bantuan Korban Banjir Di Barut

MUARA TEWEH - Pemerintah Kabupaten Barito Utara menerima bantuan untuk menanggulangi dampak bencana banjir yang melanda beberapa hari lalu. Bantuan yang diberikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), juga sebagai dukungan operasional penanganan darurat banjir berupa uang siap pakai sebesar Rp.250.000.000. Kemudian bantuan logistik untuk penanganan darurat banjir berupa makanan siap saji 500 pouch, paket sembako 500 paket, tenda pengungsian 1 set dan sabun cair 500 botol.

Direktur Fasilitasi Penangan Korban dan Pengungsi BNPB, Yus Rizal kepada wartawan mengatakan sudah menjadi kewajiban pemerintah pusat jika ada wilayah yang mengalami dampak bencana,maka pemerintah pusat akan selalu hadir untuk memberikan dukungan atau support dalam rangka penanganan darurat.

Yus Rizal berharap perlu ada satu kajian  nantinya, akan hal ini, sepertinya hampir berulang terus setiap tahunnya bencana banjir maka perlu ada satu kajian dan bagaimana untuk mengatasinya.

"Kami dari pusat akan siap mendukung upaya upaya antisipasi nya", cetusnya.

Sementara itu, Pj.Bupati Barito Utara Drs.Muhlis mengucapkan dan bersyukur atas kunjungan dari Direktur BNPB Pusat beserta jajarannya, baik penyerahan bantuan juga mengkaji akan banjir yang hampir setiap tahun datang.

Dikatakannya, sekarang juga sedang mendata fasilitas yang terdampak, mungkin ada struktur jalan dan jembatan yang terdampak baik itu yang menjadi wilayah pusat, provinsi maupun Kabupaten.

Begitu juga fasilitas umum dan juga siapa tau ada puskesmas, sekolah atau yang lain termasuk rumah ibadah yang terdampak. Dan ini juga menjadi bahan untuk menyusun kebijakan selanjutnya termasuk penganggarannya nanti.

 

(Syarbani)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments