P. Raya

Budayakan Gemar Membaca Meningkatkan Literasi Pelajar Dan Masyarakat 

PALANGKA RAYA - Acara Rapat Koordinasi (Rakor) Bunda Literasi Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 dilaksanakan di Hotel Bahalap, Palangka Raya , Provinsi Kalteng, Jumat (8/12/2023).

Sambutan Gubernur Kalteng oleh Asisten Ekoomi dan Pembangunan Sri Windanarni. Dalam  sambutannya mengatakan  sangat menyambut baik dan mengapresiasi diselenggarakannya Rapat Koordinasi Bunda Literasi ini, sebagai salah satu upaya strategis memperkuat sinergi dan kolaborasi kita semua, untuk bersama-sama meningkatkan kegemaran membaca dan tingkat literasi masyarakat di Kalteng. 

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota berkewajiban menjamin ketersediaan layanan perpustakaan, sebagai pusat sumber belajar masyarakat, dan menggalakkan budaya gemar membaca di daerahnya masing-masing. Perpustakaan mempunyai peranan penting, yang menjadi bagian tidak terpisahkan dalam upaya mencerdaskan kehidupa bangsa, khususnya di Provinsi Kalteng.

Berdasarkan data hasil survei statistik sektoral bidang perpustakaan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) Tahun 202 yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten/Kota, menempatkan Provinsi Kalimantan Tengah pada kategori “tinggi” dengan nilai 60,59.

Tetapi, dalam hasil survei itu tergambar pola perubahan hidup aktivitas masyarakat di Kalimantan Tengah, yakni lebih banyak mencari referensi bahan bacaan melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, Tik Tok, dan Youtube, serta lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengakses internet. Selain itu, juga terlihat rendahnya tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan dan juga masyarakat Kalimantan Tengah yang memanfaatkan perpustakaan. "

Dari hasil survei IPLM tersebut, diketahui juga terdapat 1 Kabupaten dengan kategori Sangat Rendah, 4 Kabupaten kategori Rendah, 1 Kota dan 7 Kabupaten dengan kategori Sedang, dan 1 kabupaten kategori Tinggi. Sebesar 0,45 persen dari jumlah penduduk melakukan kunjungan ke Perpustakaan di Provinsi Kalteng.

Oleh karena itu, menjadi harapan kita bersama, melalui rapat koordinasi hari ini, Bunda Literasi dapat bersinergi mencari terobosan dan melahirkan inovasi baru sesuai dengan karakter masyarakat kita, tentunya bekerja sama dengan para pemangku kepentingan, Pegiat, Komunitas, dan Organisasi Masyarakat.

"Budaya literasi menjadi salah satu faktor kunci untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berkualitas unggul, yang mampu melakukan akselerasi untuk kemajuan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, mari bersama-sama kita majukan literasi di Kalteng, demi terwujudnya Kalteng Makin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis).," Imbuhnya.

Kegiatan di hadiri para Narasumber dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Bunda Literasi Kabupaten/Kota Se-Kalteng, Plh. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsin Kalteng beserta seluruh jajaran, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten/Kota dan para peserta rapat.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments