Kalteng

BUMDES dan Koperasi Solusi Tampung Hasil Panen Petani

 

KUALA PEMBUANG - Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Seruyan meminta kepada pemerintah daerah agar bisa memberikan solusi yang tepat kepada masyarakat petani padi, terutama saat melaksanakan panen raya agar kondisi harga gabah petani bisa terjaga sesuai dengan setandar yang telah di tetapkan.

Anggota DPRD seruyan Bejo Riyanto menilai perlu ada tidakan tepat dari pemerintah daerah melalui dinas terkaitnya agar permasalahan hasil panen padi masyarakat bisa terjaga nilai jualnya, sehingga petani dapat merasakan untung yang sesuai saat masa panen tiba.

“Saya menilai ada beberapa hal yang bisa di lakukan oleh pemerintah daerah guna mengatsi hal tersebut, selain melalui BUMDes juga bisa dengan mendirikan badan Koperasi, baik itu di desa atau wilayah kecamatan sehingga panen para petani nantinya bisa tertampung dengan harga standar,” katanya Jumat 28/10/2022.

Dijelasanya, hal itu perlu dilakukan karena setiap tiba musim panen serentak di kabupaten Seruyan, hasil padi petani sangat melimpah baik itu di desa atau pun kecamatan yang berimbasnya harga gabah petani anjlok darstis sehingga keuntungan yang di harapkan oleh petani tidak sesuai.

Hal tesebut, menurutnya perlu segera di tindak lanjuti sebab sangat merugikan petani sehingga perlu langkah nyata dan tepat untuk mengatasi hal tersebut, dengan memanfaatkan semua sektor yang bisa digerakan baik di desa atau pun di kecamatan sehingga semua lini bisa bersinergi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Dengan berbekal pengalaman sebelumnya, saya berharap kedepan harus ada solusi yang tepat. Hal ini dimaksudkan guna meningkatkan pendapatan petani yang tentunya akan berdampak pada peningkatan ekonomi daerah, sehingga saya berharap agar BUMDes dan Kopersi bisa di bentuk di setiap wilayah dengan aturan yang tepat,” jelasnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments