Kalteng

Bunda PAUD Gunung Mas, Buka Kegiatan Sosialisasi Penguatan Transisi PAUD Ke Sd Di Kecamatan Sepang

KUALA KURUN - Bunda PAUD Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong bersama Kadisdikpora Kabupaten Gunung Mas, membuka kegiatan sosialisasi penguatan transisi PAUD ke sd se kecamatan sepang dan kecamatan mihing raya, di SDN-2 sepang simin, pada Sabtu (27/4/2024).

Kepala  Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Gunung Mas,  Aprianto, S.T.,M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olah Raga Kabupaten Gunung Mas,  Osner Sagala, S.E.,M.Si, dalam sambutannya  mengapresiasi Kepala Sekolah PAUD dan SD se Kecamatan Sepang dan Kecamatan Mihing Raya beserta para guru dan jajarannya.

Dijelaskan penerimaan peserta didik baru pada sekolah dasar tidak lagi menerapkan tes kemampuan membaca, menulis dan berhitung atau bentuk tes lain.

Satuan pendidikan PAUD dan sekolah dasar melakukan pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru, dilaksanakan mengacu pada ketentuan perundang-undangan yang mengatur mengenai pengenalan lingkungan sekolah.

Selain melakukan pengenalan lingkungan sekolah, bagi peserta didik baru, khusus sekolah dasar dalam rentang waktu 2 minggu pertama pada tahun ajaran baru, perlu melakukan pengenalan lingkungan belajarnya, agar peserta didik merasa nyaman berkegiatan dilingkungan sekolah.

Sementara itu Bunda PAUD Gumas  Mimie Mariatie S Monong dalam sambutannya mengatakan bahwa penguatan transisi PAUD ke sd merupakan proses dimana anak berpindah dari perannya sebagai peserta didik di PAUD menjadi peserta  didik sekolah dasar.

Kegiatan sosialisasi penguatan transisi PAUD ke sd merupakan tindak lanjut dari surat edaran dirjend pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah Nomor: 759/C/HK.4.1/2023 tentang so penguatan transisi pendidikan anak usia dini ke sekolah dasar kelas awal.

Turut hadir dalam kegatan sosialisasi tersebut, Sekretaris Disdikpora Gumas Osner Sagala, S.E.,M.Si. Camat Sepang Sayudi, S.Pd, M.Pd, kepala bidang PAUD dan Dikmas Disdikpora Gunung Mas  Remeina S.Pd.,M.Pd, Kepala Seksi Kurikulum SD dan SMP Disdikpora Gunung Mas  Cendrawan, S.Pd.,M.Si,  Koorwil Bidang Pendidikan Kecamatan Sepang Surya, S.Pd.,M.M dan para undangan lainnya.

 

(Edy Subara/Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments