Barut

Bupati Barito Utara Siapkan Lahan Untuk Pembangunan Universitas

PALANGKA RAYA - Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah mengatakan, siap untuk menyediakan lahan apabila akan dibangun universitas di Kabupaten Barito Utara. Hal ini disampaikan oleh Bupati Barito Utara saat diwawancarai oleh awak media usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Kalteng di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Senin (23/5/2022).

Pertanyaan awak media menanggapi wacana pembangunan universitas yang disampaikan oleh Gubernur Kalteng saat menyampaikan sambutannya pada upacara peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Kalteng apabila pembangunannya di wilayah DAS Barito.

Bupati, H. Nadalsyah mengatakan, apabila di Kabupaten Barito Utara akan dibangun universitas, maka Pemkab akan siap menyediakan lahannya.

"Kami siap untuk menyediakan lahan, begitu juga halnya dengan Bupati Barito Timur dan Murung Raya," kata H. Nadalsyah.

Bupati menyambut baik wacana pembangunan universitas terutama di DAS Barito.Selain meningkatkan SDM masyarakat juga menguntungkan masyarakat khususnya dalam hal transportasi.

Dikatakan,  saat ini pendidikan tinggi yang ada di Kabupaten Barito Utara antara lain adalah STIE Muara Teweh, Politeknik Muara Teweh dan STAI Siti Khadijah.

"Bila ada regulasinya dan keputusan menetapkan Kabupaten Barito Utara untuk dibangun universitas wilayah DAS Barito, kami siap," kata H. Nadalsyah.

Mengenai pembentukan provinsi di DAS Barito, Bupati menyampaikan bahwa Provinsi Kalimantan Tengah merupakan provinsi dengan wilayah terluas di Indonesia. 

Dikatakanny,  Provinsi kalteng satu setengah kali lebih besar dari Pulau Jawa, wajar bila dimekarkan. Tetapi, semua tergantung kepada Pemerintah Pusat dalam pengambilan keputusannya.

Sementara pemerintah Kabupaten siap apabila Pemerintah Pusat memutuskan untuk menjadikan DAS Barito menjadi provinsi baru.


(Syarbaini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments