Kalteng

Bupati Kritisi Kinerja Pendamping Desa

KATINGAN – Bupati Kabupaten Katingan Sakariyas, mengkritisi kinerja pendamping desa, pasalnya banyak laporan terkait kinerja pendamping yang tidak profesional.

Dikatakan Sakariyas, pendamping desa memiliki peran penting bagi pembangunan suatu desa, karena dapat memberikan arahan, masukan terkait pelaksanaan pembangunan serta penggunaan dana desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Dana Desa (ADD) dari APBD Kabupaten.

“Anggaran yang dikelola pemerintah desa, cukup besar, nilainya diatas 1 miliar, tugas bagi pendamping desa, dapat memberikan masukan soal perencanaan kegiatan dan penggunaan dana desa,” Ungkap Bupati Sakariyas, disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kamis (24/2/2022).

Masih menurut Sakariyas, pendamping desa, dalam memberikan laporan kegiatan desa, tidak diperbolehkan melalui sarana telepon, tetapi harus berada di desa dimanah yang bersangkutan ditugaskan.

“Jangan saat memberikan laporan, data yang di dapat bukan data lapangan tapi data lewat telepon, kalau ini yang terjadi, anda tidak kerja secara profesional dan anda tidak berada di tempat tugas anda,” katanya. 

Sakariyas berharap, pendamping desa dapat bekerja secara profesional serta memberikan masukan-masukan yang sifatnya membangun desa, karena itulah tugas utama.

“Pendamping Desa harus mengetahui program perencanaan desa, kalau anda tidak tahu, bagaimana anda dapat memberikan masukan, apalagi jika anda tidak tinggal di desa dimanah anda ditugaskan,” Tandasnya.


(Nofriyanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments