P. Raya

Cegah Karhutla, BMKG Lakukan Modifikasi Cuaca di Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaksanakan Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan (karhutla) di wilayah Kalimantan Tengah. Operasi ini direncanakan berlangsung mulai 6 hingga 15 Juli 2024.

BMKG melaksanakan Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan di wilayah Kalimantan Tengah, dengan prioritas pada area gambut. Operasi ini dijadwalkan berlangsung dari 6 hingga 15 Juli 2024.

Koordinator OMC BMKG Pusat, Budi Harsoyo, menjelaskan bahwa upaya pencegahan karhutla ini dilakukan dengan menambah kondensasi di dalam awan sehingga proses terjadinya hujan menjadi lebih cepat.

Berdasarkan data BMKG, wilayah Kalimantan Tengah yang paling banyak mengalami kebakaran tahun ini sejak Januari hingga akhir Juni adalah Kabupaten Katingan, Kabupaten Seruyan, dan Kabupaten Kapuas.

Pelaksanaan operasional kegiatan OMC dikendalikan dari Pos Komando (Posko) di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya oleh TNI AU Skadron Udara 16 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Operasi Modifikasi Cuaca oleh BMKG diharapkan dapat mengurangi risiko kebakaran lahan dan hutan di Kalimantan Tengah, khususnya di area gambut. Langkah preventif ini menjadi penting mengingat tingginya insiden kebakaran di beberapa kabupaten utama di wilayah Kalimantan tengah sepanjang tahun.

(Hariri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments