Barut

Dampak Kabut Asap, Pemkab Barito Utara Bagikan Masker

MUARA TEWEH – Menindaklanjuti surat edaran yang disampaikan oleh Pj. Bupati Barito Utara tentang antisipasi kabut asap dan sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap dampak kabut asap bagi kesehatan masyarakat, Pemkab Barito Utara melalui Asisten Pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, Eveready Noor, SE dan Asisten perekonomian dan pembangunan, Gazali, S.Sos, M.A.P, Kabag beserta pegawai di lingkungan kantor sekretariat daerah bagikan masker kepada masyarakat di jalan-jalan, Rabu (4/10/2023).

Pembagian dilaksanakan di depan kantor Bupati Barito Utara dan masker diberikan kepada pengendara baik roda dua maupun empat yang melintas di jalan tersebut.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Gazali, S.Sos, M.A.P menyam-paikan, pembagian masker kepada masyarakat untuk mencegah dampak penyakit ISPA dan batuk akibat kabut asap yang saat ini melanda. 

Selain itu para ASN juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat mengurangi aktivitas di luar rumah, kalaupun harus beraktivitas di luar rumah diusahakan selalu menggunakan masker dan memperbanyak minum air putih.

Di tempat terpisah, Pj. Bupati, Drs. Muhlis menghimbau kepada masyarakat yang bermukim di dekat kawasan hutan untuk saling menjaga kawasan hutan. Hal ini agar tidak membakar maupun membuka lahan, serta tidak  membuang puntung rokok atau membakar sampah sembarangan di dekat areal kawasan hutan.

Terlebih saat ini, di wilayah Kalimantan Tengah umumnya dan Barito Utara tengah dilanda bencana kabut asap.  Muhlis juga berharap agar kabut asap yang melanda beberapa hari ini cepat reda dan kembali normal kembali.

"Semoga bencana kabut asap ini dapat segera ditanggulangi, sehingga aktivitas kita semua berjalan normal kembali," pungkas Muhlis. 

 

(Syarbani)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments