Kalteng

Demo Penambang Emas Di Sekadau Sempat Memanas, 2 Polisi Terluka

SEKADAU - Aksi demo yang dilakukan ratusan penambang emas di sekadau sempat memanas di kantor DPRD Kabupaten Sekadau, Kamis, 25 Mei 2023. Beberapa oknum massa melempari kantor DPRD Kabupaten Sekadau dengan batu. Bahkan mobil water canon milik polres Sekadau sempat menjadi sasaran massa.

Dua anggota polres Sekadau yang melakukan pengamanan terluka kena lemparan batu. Keduanya pun sempat dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Kapolres Sekadau, Akbp Suyono, mengatakan kondisi kedua anggotanya yang terluka kena lemparan batu sudah baik dan tidak parah. Pihaknya akan melakukan penyidikan lebih lanjut kepada oknum yang melakukan pelemparan tersebut.

Kapolres mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan identitas oknum yang melakukan pelemparan. Selain itu, kepolisian juga menunggu dari pihak DPRD Kabupaten Sekadau, apakah kasus tersebut diteruskan atau tidak.

Kendati demikian, kata kapolres, aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh masyarakat tersebut dapat dikendalikan. Pihak kepolisian dapat melakukan antisipasi hingga situasi yang memanas tersebut tidak berkepanjangan.

Terkait hasil audiensi, kapolres mengatakan, pemerintah daerah mendorong terbentuknya wilayah pertambangan rakyat (WPR) agar kegiatan pertambangan yang dilakukan masyarakat dilakukan secara legal. Kapolres menegaskan, kepolisian mendukung kebijakan tersebut. Pihaknya juga akan terus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat kabupaten sekadau.

Diketahui, Polres Sekadau menerjunkan sekitar 150 personel untuk mengamankan jalannya aksi demo di Kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Sekadau, adapun massa yang berdemo tersebut berasal dari beberapa desa di Kabupaten Sekadau dan berjumlah sekitar 600 orang.

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments