P. Raya

Dermaga Kereng Bangkirai Masih Jadi Primadona

PALANGKA RAYA -  Dermaga Kereng Bangkirai adalah sebuah dermaga yang terletak di Sungai Koran Palangkaraya. Tempat ini merupakan pintu gerbang untuk memasuki Taman Nasional Sebangau. Karena menjadi tempat singgah sebelum menuju ke area taman nasional, dermaga ini kemudian dipercantik. Hal itu justru membuat tempat ini menjadi destinasi wisata baru yang ada di Palangkaraya. Dermaga yang cantik ditambah dengan pemandangan sekitar sungai yang indah menjadi perpaduan yang menarik.

Kawasan wisatanya selalu ramai kunjungan. letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, sehingga sangat cocok untuk melepas penat sesaat. Duduk di gazebo yang berada di tepi sungai sambil menikmati pemandangan sore hari akan dapat memberikan penyegaran bagi otak. Selain itu tempat ini juga memiliki berbagai wahana permainan air. Hal itu membuatnya kian menarik dan sangat cocok menjadi tujuan wisata keluarga.

Wisata Kereng Bangkirai ini berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Palangka Raya dan ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit. Untuk masuk ke objek wisata ini hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5000 Rupiah/ orang.

“Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai sejauh ini menjadi wisata pilihan keluarga ketika mengisi libur diakhir pekan. Terlebih di wisata ini sudah cukup banyak tersedia wahana pendukung berwisata,”ungkap Tika, salah satu pengunjung wisata. Rabu 18 Januari 2023.

Adapun wahana pendukung diantaranya wisata Air Hitam, kapal hias susur sungai, sepeda bebek air, maupun perahu klotok menuju ke kawasan Batu Ampar Sebangau.”Biaya untuk menggunakan wahana wisata pun tidak memberatkan,”imbuh Tika.

Selain untuk tempat wisata  danau di Dermaga Kereng Bangkirai ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mandi, mencari ikan dan tambak budidaya ikan air tawar. Wisata Kereng Dermaga Kereng Bangkirai ini masih terus dikembangkan agar menjadi tempat wisata yang berpotensi untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian para pelaku usaha di sekitarnya, baik itu dalam hal pembangunan infrastruktur maupun wahana wisata.

Fasilitas umum yang ada di Dermaga Kereng Bangkirai yang sudah memadai, dengan tersedianya Area parkir  mobil maupun motor, Kamar mandi, Area tribun, Mushola, Gazebo, warung-warung dan minuman, spot selfi yang kece badai.

Sedangkan Ragam Wisata Dermaga Kereng Bangkirai Susur Sungai dengan perahu atau klotok, Hunting Spot Foto yang elok pemandanganya serta mengunjungi Taman Nasional Sebangau.

(Feny Hariany)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments