P. Pisau

Desa Hanjak Maju Kembangkan Keripik Gedebok Pisang

PULANG PISAU - Masyarakat di Desa Hanjak Maju, Kecamatan Kahayan Hilir terbilang kreatif dalam dalam membuka peluang industri rumah tangga.

Salah satu industri rumah tangga yang dikembangkan di desa tersebut yakni pembuatan keripik dengan bahan baku gedebok pisang kapok.

“Kami sangat berterima kasih kepada kepala desa dan warga Desa Hanjak Maju yang telah berkreasi dalam membuat produk makanan olahan. Kami dari pemerintah Kecamatan Kahayan Hilir akan terus mendorong pengembangan usaha tersebut,” kata Camat Kahayan Hilir, Osa Maliki pekan lalu.

Osa mengaku, pihaknya menginginkan kuliner tersebut bisa menjadi salah satu produk unggulan dari Desa Hanjak Maju.

“Sehingga Desa Hanjak Maju memiliki produk unggulan. Jadi kalau orang makan keripik gedebok pisang, langsung teringat Desa Hanjak Maju,” harapnya.

Osa juga berkeinginan, olahan makanan ringan itu nantinya bisa masuk pasar yang lebih luas, rumah makan dan ritel.

“Syukur-syukur lagi kalau bisa jadi suvenir dinas atau badan. Itu akan sangat membantu perajin,” harap Osa.

Ia mengaku, pihaknya juga menanyakan apa yang dihadapi para pelaku usaha tersebut.

“Mereka menginginkan alat pemisah minyak dari keripik. Sehingga keripik bisa lebih kering dan tahan lama. Kami akan membantu mengupayakan agar tahun depan ada program CSR dari perusahaan yang bisa membantu peralatan tersebut,” kata Osa.

Osa juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang dan Sekda Kabupaten Pulang Pisau Tony Harisinta yang telah memberikan arahan kepada pihaknya untuk berinovasi dan membuat terobosan mengangkat potensi desa.

“Dengan adanya pengembangan produk unggulan desa, kami harapkan akan semakin memacu pertumbuhan perekonomian masyarakat desa. Kelurahan dan desa di Kahayan Hilir memiliki potensi. Kami hanya mendorong pengembangan potensi itu menjadi produk unggulan untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments