P. Raya

Dewan Dorong Pemko Tindak Tegas Penangkapan Ikan Ilegal

PALANGKA RAYAMasih maraknya penangkapan ikan di daerah aliran sungai (DAS) Kota Palangka Raya secara ilegal (ilegal fishing), mendorong anggota DRPD Kota Palangka Raya minta kepada Pemerintah Kota Palangka Raya untuk dapat menindak tegas oknum yang terlibat dalam penangkapan ikan secara ilegal.

“Pemerintah Kota Palangka Raya melalui dinas terkait harus tegas terhadap oknum tak bertanggung jawab menangkap ikan secara ilegal di sungai,” ujar srikandi Partai Perindo ini, Minggu 11 April 2021.

Ruselita menambahkan pengawasan intensif terhadap aktifitas warga yang memanfaatkan DAS dinilai perlu dilakukan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan ekosistem dan habitat sungai akibat ulah oknum yang menangkap ikan dengan cara-cara yang ilegal.

Srikandi dari Partai Perindo ini, menyarankan pemerintah kota melalui dinas terkaitnya, membentuk tim khusus untuk menangani persoalan penangkapan ikan secara ilegal.

Tim yang dimaksud bertugas melakukan pengawasan dan penindakan terhadap oknum penangkap ikan yang menggunakan cara ilegal. Seperti cara setrum atau racun tuba demi mendapat hasil tangkapan ikan yang banyak, sehingga tidak memperdulikan ekosistem ataupun habitat lainnya.

Namun perlu pula edukasi kepada masyarakat agar tidak menangkap ikan dengan cara yang salah.

“Potensi perikanan di Kota Palangka Raya cukup besar yang mampu memberikan dampak positif pada perekonomian masyarakat,” pungkas Ruselita.

(Huma Betang)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments