Kalteng

Dewan Harapkan Permudah Layanan BPJS sampai ke Desa

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Atinita


KUALA PEMBUANG - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan,  meminta kepada pihak terkait untuk mempermudah masyarakat dalam membuat program badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan hingga ke tingkat desa, sehingga wilayah desa yang berada di wilayah pelosok bisa mendapatkan layanan BPJS tersebut.

Anggota dewan yang mewakili daerah pemilihan (Dapil) tiga Atinita, menyampaikan bahwa saat ini, masih banyak warga desa yang merasa kesulitan dalam membuat kartu BPJS. Hal tersebut dikarenakan lokasi dan waktu yang ditempuh cukup jauh dan membutuhkan biaya yang cukup memberatkan sebagian warga berpenghasilan terbatas.

“Peningkatan pelayanan pembuatan BPJS Kesehatan di tingkat desa ini sangat perlu dilakukan supaya program tersebut bisa dirasakan seluruh masyarakat  di Kabupaten Seruyan,” kata Atinita di Kuala Pembuang, Rabu (30/3/2022).

Ia berharap, khususnya untuk masyarakat yang tinggal di desa-desa terpencil yang jauh dari kantor BPJS, seperti halnya yang berada di dapil III yakni Kecamatan  Seruyan Hulu, Seruyan Tengah, Batu Ampar dan Suling Tambun agar dapat dipermudah, karena jarak yang di tempuh cukup jauh serta memakan biaya yang cukup membebani bagi masyarakat, hendaknya ada solusi dari pemerintah daerah

“Kebanyakan masyarakat saat ini mengeluhkan terkait kendala yang dihadapi mereka untuk membuat BPJS kesehatan, terutama mereka yang berada di desa seperti di Dapil III itu yang terkendala jarak yang terlalu jauh jika harus mengurus ke kantor BPJS. Kami sangat  berharap agar ada solusi bagi permasalahan tersebut, sehingga masarakat di sana bisa menikmati layan BPJS, apa lagi bagi keluarga yang kurang mampu, dengan adanya layanan BPJS akan sangat membantu saat terjadi permaslahan kesehatan kedepanya,” ungkapnya.

Lanjut dia, dengan persoalan tersebut, diharapkan agar  pihak terkait bisa memberikan kemudahan khususnya pada sistem pelayanan, misalnya mempermudah masyarakat dengan menyiapkan layanan melalui kantor desa terdekat maupun secara program jemput bola. Karena wilayah Kabupaten Seruyan cukup luas, dan kondisi layanan trasportasi menuju ibukota kabupatan cukup jauh sehingga di butuhkan  layanan yang bisa di gunakan tampa harus berangkat ke ibukota kabupaten.

 

(Giya/Altius) 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments