P. Raya

Dewan Minta Pemda Lestarikan Cagar Budaya

Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing mendorong pemda di provinsi agar dapat melestarikan cagar budaya yang dimiliki secara berkelanjutan. Hal itu sangat penting dilakukan supaya cagar budaya yang ada di Kalteng ini tidak hilang akibat perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

"Cagar budaya merupakan salah satu ciri khas atau jati diri suatu daerah yang keberadaannya harus tetap ada. Kalteng sendiri memiliki banyak cagar budaya, jadi itu harus bisa dilestarikan agar tidak hilang begitu saja," kata Duwel, Rabu 13 April 2022.

Tujuan lain melestarikan cagar budaya di Kalteng ini sebagai media pembelajaran pengetahuan sejarah kepada generasi penerus atau bisa dijadikan objek wisata budaya.

Dia menyebut misalnya seperti cagar budaya Batu Bulan peninggalan Tambun Bungai di Kabupaten Gunung Mas. Cagar budaya itu memiliki banyak sejarah yang harus dapat dilestarikan bersama dengan benda-benda peninggalan lainnya.

"Saya pernah melihat situs Batu Bulan yang ada di Kabupaten Gunung Mas itu, sangat unik dan menarik serta langka. Situs atau cagar budaya ini bisa menjadi daya tarik wisata lokal, nasional, maupun manca negara. " ujarnya.

Duwel juga mengingatkan pemda Gumas menyangkut akses jalan menuju cagar budaya itu sebab jalan yang ada saat ini masih dalam kondisi kurang baik dan saat musim penghujan terjadi banjir.

"Jika kondisi itu tidak diperhatikan maka upaya pelestarian cagar budaya tersebut juga akan terkendala. Jadi akses salah satu hal penting yang harus diperhatikan," pungkasnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments