Kalteng

Dinas Pertanian Barut, Upayakan Swasembada Daging

BARITO UTARA - Potensi dan peluang usaha dibidang Peternakan sangat menjanjikan, dan dapat menjadi sumber penghidupan apabila petani menekuni dengan baik dan bersungguh sungguh.

Kepala Dinas Pertanian Barut, Ir. Syahmiludin, Selasa (1/6/2021) mengatakan, sudah menjadi tugas dan tantangan  bersama untuk mewujudkan swasembada daging dan telur di Barito Utara.

Hal tersebut juga harus didukung kesungguhan dan komitmen bersama dalam mewujudkannya, apalagi tersedianya sarana dan lahan serta anggaran yang sudah dikucurkan, khususnya bagi peternak di sembilan kecamatan.

Menurut Syahmiludin, ada beberapa kelompok tani yang mendapat bantuan dari pemerintah untuk memelihara sapi. Lokasinya juga tersebar di Kecamatan, bahkan saat ini tingkat keberhasilan lebih baik.

Sesuai dengan komitmen untuk meningkatkan pendapatan para petani harus ada upaya yang dilakukan, baik untuk pemeliharan, perawatan dan juga pengendalian.

Saat ini,untuk kebutuhan daging memang masih belum mencukupi yang ada di daerah, akan tetapi berapa tahun mendatang tidak mustahil sudah mampu swasembada daging.

Dengan komitmen awal kita terus berupaya meningkatkan pertumbuhan peternakan, baik sapi, kambing dan juga telur ayam buras, kata Syahmiludin.

 

(Mardedi/Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments