Barut

Dinas Pertanian Buka Lahan Pertanian Di Kelurahan Tumpung Laung

MUARA TEWEH - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, telah meninjau lokasi pembukaan lahan pertanian. Lahan pertanian Di Kelurahan Tumpung Laung, Kecamatan Montallat.  Pembukaan lahan pertanian yang dikerjakan secara swadaya oleh kelompok tani dan dibantu alat oleh dinas pertanian. 

Kepala Dinas Pertanian Barut, Syahmiludin Surapati, Senin (31/1/2022) mengatakan,  telah meninjau langsung bersama dinas Sos PMD,  Disnakertrans Koperasi dan UKM serta camat setempat. 

"Saat ini lahan sudah siap untuk ditanami,"kata Syahmiludin.  Menurutnya, Potensi Lahan Pertanian tersedia cukup luas di sepanjang kanan kiri rencana Jalan Poros utama Tumpung Laung - Batapah arah ke  Palangka Raya.

Dikatakannya,  Pada tahap awal di lahan pertanian yang telah terbuka tersebut akan mereka tanami dengan komoditi jagung hybrida, hortikultura dan Padi.

"Semangat dan keinginan berusahatani yang mereka tunjukkan begitu besar dan sangat antusias sekali. Semoga ini menjadi pertanda yang baik dalam memajukan pembangunan sektor pertanian didaerah,"tambahnya

Dikatakan,  Menekuni usaha tani dengan sungguh sungguh, maka  dapat menjadi pilihan mata pencaharian yang bisa menjadi sumber pendapatan bagi keluarga.

Saat ini kata dia, Kebutuhan masyarakat untuk berbagai komoditi pertanian dari waktu ke-waktu terus mengalami peningkatan. Hal ini, juga hendaknya dapat di lihat sebagai peluanga usaha yang sangat menjanjikan bahkan lebih menguntungkan. 

Syahmiludin menambahkan,Ada banyak contoh nyata yang bisa dilihat sebagai bukti nyata keberhasilan dari petani yang menggantungkan hidup dan harapan masa depan dari kegiatan usaha bertani. 

"Memang untuk masa awal semuanya, butuh perjuangan, ketekunan dan kerja keras. Selanjutnya, bila lahan dan usaha tani telah jadi, kita tinggal memetik dan menikmati hasilnya,"pungkasnya. 

(Syarbaini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments