Kalteng

Dinas Pertanian Kapuas Periksa Hewan Kurban

KUALA KAPUAS - Memastikan kesehatan hewan kurban yang akan dipotong pada Hari Raya Kurban Idul Adha 1441 Hijriah, tim teknis pemeriksa hewan kurban dari Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalteng, mendatangi tempat-tempat penjualan hewan kurban yang ada di kabupaten kabupaten / untuk mencari pengingat kurban , Rabu (29/7/2020).

Salah satu tempat penjualan hewan kurban yang didatangi petugas pemeriksa hewan kurban adalah milik H Saferiansyah, di Jalan Mahakam Kuala Kapuas. Tim teknis pemeriksa hewan kurban, Dokter Hewan Anik Ariswandani mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan pihaknya adalah berdasarkan antemortem, sebelum hewan tersebut di potong untuk dikurbankan.

Menurut Anik Ariswandani yang didampingi Dokter Hewan Maria Florentina, dari beberapa tempat penjualan hewan kurban yang mereka datangi, rata-rata hewannya sudah baik dari segi kesehatannya maupun penanganannya.

Meskipun ternak sapi layak untuk dikurbankan dari segi kesehatannya, tidak ditemukan tanda-tanda penyakit menular. Antara lain kulitnya bersih, tidak ditemukan kasus diare dan tidak ditemukan darah dari lubang tubuh.

Kemudian dari mata hewan tersebut juga terlihat cerah, tidak ada tanda-tanda penyakit. Hewan sapi yang akan di kurbankan giginya juga harus berganti dan testisnya juga harus simetris dua.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas H Ahmad Bahruni mengatakan, untuk melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada saat pandemi Covid-19, ada beberapa ketentuan yang harus menjadi perhatian masyarakat. Salah satunya wajib menggunakan topeng.

(IR / MB)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments