P. Raya

Dirut PT.BMB Dan Damang Manuhing Sepakat Damai Secara Adat

PALANGKA RAYA - Dirut  PT.Berkala Maju Bersama (BMB) dan Damang Kepala Adat Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas, melakukan perdamaian secara Adat Dayak yang difasilitasi oleh pengurus Dewan Adat Dayak Kalteng, di Rumah Betang Hapakat DAD Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu 19 November2022.

Tindak lanjut dari Berita Acara Kesepakatan Perdamaian secara Adat yang telah disepakati oleh Basirun Panjaitan Dirut PT.Berkala Maju Bersama dengan Awal Jantriadi Damang Kepala Adat Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas, pada tanggal 14 November 2022 lalu, di Kantor PMKS PT.Berkala Maju Bersama Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas.

Kedua belah pihak telah bersepakat melakukan perdamaian secara Adat difasilitasi oleh DAD Kalimantan Tengah.

E.P Romong, selaku pengurus DAD mengatakan, Dirut PT. Berkala Maju Bersama (BMB) telah meminta maaf kepada pihak Damang Manuhing atas Tandahan Randah, yang sesuai dengan Pasal 50 Hukum Adat Dayak, dengan denda singer Adat 45 Kati Ramu, yang bila di nilai dengan uang berjumlah Rp.4.500.000, (empat juta lima ratus ribu rupiah) di bayar tunai pada saat pelaksanaan acara pesta adat perdamaian Hakat Hambai Hampari (angkat saudara) di Kecamatan Manuhing  Kabupaten Gunung Mas.

Sengketa berawal dari surat tertulis yang disampaikan oleh Basirun Panjaitan Dirut  PT. BMB Kecamatan Manuhing kepada DAD Kalteng perihal permohonan pendampingan Advice Hukum Adat Dayak khususnya point 8 dan 10, adanya dugaan tuduhan kepada Damang Manuhing .

Acara perdamaian Adat tersebut juga dihadiri oleh pengurus MADN Sipet Hermanto, Ketua harian DAD Gumas, Herbit.y.Asin, Ketua Batamad Gumas, Inoni, Forum Damang Kota dan se-Kalteng , koordinator Damang Gumas Yehuda I.Emun,  Kapolres Gumas Irwansyah ,SIK, Damramil Manuhing Lettu, Apollo Dermawan.

Sebagai bentuk ucapan syukur, selamat, damai dan bahagia atas selesainya acara perdamaian d akhiri dengan Adat Tapung Tawar oleh Pisur D.Songot Ipai,S.Ag  dari Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan (MBAHK) Kabupaten Gunung Mas.

(Altius Utama)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments