P. Raya

Disnakertrans Serap Tenaga Kerja Lokal Melalui Pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK).

PALANGKA RAYA - Menerima kunjungan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya dalam rangka Konsultasi dan Koordinasi Ketransmigrasian dan Ketenagakerjaan, di ruang kerja Kepala Disnakertrans, Senin (6/5/2023).

Kepala Disnakertrans Provinsi Kalteng Farid Wajdi dalam pertemuan tersebut menyampaikan bahwa Kawasan Transmigrasi di Provinsi Kalimantan Tengah ada lima, yaitu di Kabupaten Kuala Kapuas, Gunung Mas, Sukamara, Lamandau dan Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Kabupaten Murung Raya belum masuk, namun sudah diusulan di Kementerian, dan saat ini kami sedang mempelajari Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2024 yang ditetapkan pada tanggal 25 April 2024,"Farid.

Lebih lanjut, Farid mengatakan untuk urusan ketenaga kerjaan, Kabupaten melalui Disnakertrans harus memiliki Rencana Tenaga Kerja (RTK) Makro dan memiliki data kebutuhan tenaga kerja serta lowongan kerja melalui RTK Mikro yang ada di perusahaan.

Hal ini supaya link and match antara pelatihan dengan kebutuhan tenaga kerja di dunia industri. Sehingga, tenaga kerja lokal dapat terserap setelah dilakukan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Murung Raya Akhmad Tafruji menyampaikan permasalahan ketransmigrasian dan ketenagakerjaan, serta perlunya dukungan Disnakertrans Provinsi  Kalteng.

“Terima kasih kepada Kepala Disnakertrans yang telah menerima kunjungan kami untuk mencari solusi permasalahan ketransmigrasian terkait Kawasan Transmigrasi dan Sertifikat, serta Ketenagakerjaan terkait penempatan tenaga kerja lokal dan memaksimalkan Balai Latihan Kerja Murung Raya,"jelasnya.

Kegiatan dihadiri oleh Adapun, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Murung Raya yang hadir dalam kesempatan tersebut yaitu Aning Gengsi Rakyati  H.S., Muhammad Nujhan, Fitriadi, Fahriadi dan Rabul Yakin. Turut hadir pula mendampingi Kepala Disnakertrans Provinsi  Kalteng yakni Perencana Ahli Muda Heru Setiawan.

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments