Barsel

DLH Barsel Operasionalkan Sanitary Landfill

BUNTOK - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barito Selatan, Kalimantan Tengah sejak selesainya dibagun tempat pembuangan akhir (TPA) dengan sistem sanitary landfill, pihaknya sudah mulai mengoperasionalkan sistem tersebut dengan melakukan penimbangan sampah yang masuk. 

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, B3, dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup di Dinas Lingkungan Hidup Nanang Shalahuddin selasa (17/5/2022) menyampaikan,  setiap armada truck pengangkut sampah yang masuk ke TPA kita lakukan pe-nimbangan untuk mengetahui seberapa banyak sampah yang dihasilkan. Kedepan, pihaknya akan mengupayakan untuk penutupan TPA tersebut dengan mengguna-kan tanah agar proses sanirary landfill bisa dilaku-kan secara maksimal.

Setiap dua minggu sekali pihaknya melakukan penutupan karena tanah penuputnya masih terbatas, maka dari itu pihaknya masih berupaya untuk bisa mengada-kan tanah penutup untuk sistem sanitary landfill ini.

Sedangkan untuk pemanfaatan sampah di kota Buntok sendiri, pihaknya sudah memiliki tempat pembuangan sampah (TPS) 3r yang sudah berjalan disetiap kecama-tan. Sampah yang sudah dikumpulkan oleh tps 3r akan dipilah dan dikumpulkan. Sampah-sampah yang memiliki nilai jual akan dikumpulkan dan residunya akan dibawa ke TPA.

(Ary Mampas/ Haji Laily)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments