Kalteng

Donasi Literasi Batch 4 ‘Dilaksanakan’ di Desa Baun Bango

KASONGAN - Donasi Literasi Batch 4 ini dilakukan dengan tujuan untuk menurunkan tingkat kecemasan dan mengembalikan kondisi emosional (Trauma Healing) anak-anak pasca bencana banjir dengan berbagai macam permainan dan edukasi yang dilakukan secara bersama pada anak dilaksanak Di Desa Baun Bango Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah.

Gerakan ini di inisiasi aliansi Komunitas Pemuda Kalteng, diantaranya adalah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Ikatan Duta Bahasa Kalteng, Kalteng Cerdas, HIMPSI Kalteng, Euroweek Indonesia, Bintang Literasi, Duta Inspirasi Kalteng, XSR Kalteng, Ikatan Mahasiswa Palangka-Surabaya, Hisfarma Ikatan Apoteker Indonesia Kalteng, Antrepublic Coffe, serta media platform infokalteng dan infoplk.

Ketua Donasi Literasi Batch 4 Ipan Dwi Nata mengatakan Banyak anak-anak yang menjadi korban banjir membutuhkan pertolongan para relawan. “Kami segenap relawan Donasi Literasi dalam rangka peduli korban bencana banjir bergerak untuk menyalurkan bantuan,langsung kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan dan Semoga kegiatan ini dapat menjadi semangat dan motivasi baru bagi anak-anak di Desa Baun Bango, “kata  Ipan.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan literasi pada anak-anak. Mengingat dengan tingkat literasi yang tinggi maka kualitas sumber daya manusia akan meningkat.
Menurutnya  seluruh relawan yang berangkat, sehari sebelum keberangkatan telah melaksanakan swab antigen, Tes Swab tersebut bertujuan demi keamanan dan kesehatan bersama baik relawan atau warga setempat.

Sementara itu Hanaya Mordekhai Nadie, anak Desa Baun Bango di sela-sela kegiatan itu ,mengatakan Hal paling menarik dalam kegiatan ini yaitu pada saat mendengarkan dongeng, menuliskan harapan dan games. Nilai  positif yang dapat diambil dari kegiatan ini yaitu, kita dapat mengambil makna dari dongeng yang telah diceritakan dan kami menjadi berani untuk menuliskan harapan, cita-cita atau impian kami. 

“Saya berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan karena ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan mengasyikan, “kata Bocah Desa Baun Bango itu. 

Ditempat yang sama Perangkat Desa Baun Bango, Nurul Fitri mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan dan donatur yang telah terlibat dalam kegiatan ini. “Kami yakin apa yang telah diberikan baik bersifat materiil maupun rohaniah akan sangat bermanfaat bagi anak-anak Desa Baun Bango,“ kata Nurul Sabtu (02/10/21).

Seperti yang kita ketahui saat ini, banjir dialami oleh sejumlah kabupaten di Kalimantan Tengah, sehingga diperlukan trauma healing pasca bencana pada anak. Trauma healing dalam kegiatan.

Kedatangan tim juga disambut baik oleh pihak Desa Baun Bango dan warga setempat. Bahkan antusias anak-anak dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pun begitu semangat dan senang.

Perjalanan dari Kota Palangka Raya menuju lokasi ditempuh dalam waktu 3 jam menggunakan mobil. Dimana kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu, 2 Oktober 2021 sekaligus memperingati Hari Batik Nasional. 

Di akhir kegiatan, seluruh  relawan, perangkat desa dan juga anak-anak  berfoto bersama untuk mengenang kegiatan pada hari itu.

 

(Didit)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments