Barsel

DPRD Barito Selatan Meminta Kegiatan Bungkar Muat Yang Tidak Memiliki Izin Lebih Dimonitoring

BUNTOK - HB. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Barito Selatan, Kalimantan Tengah, meminta kepada Intansi terkait agar lebih giat memonitor kegiatan bongkar muat di pelabuhan-pelabuhan di daerah setempat yang belum memiliki izin lengkap. Karena sebelumnya ada aktivitas bongkar muat yang diduga belum memiliki izin lengkap. 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Barito Selatan, Ensilawatika Wijaya saat memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Perhubungan setempat, Kamis (3/02) di Buntok. 

Ia mengatakan, karena hal ini berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD), supaya tidak kecolongan lagi seperti yang terjadi beberapa waktu lalu yang sempat viral kegiatan bungkar muat di pelabuhan yang berlokasi di Desa Danau Sadar, Kecamatan Dusun Selatan yang diduga tidak mempunyai izin resmi lengkap yang kemudian dipertanyakan masyarakat setempat

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Barito Selatan Daud Danda mengungkapkan, terkait dengan kegiatan bungkar muat yang ada di Desa Danau Sadar itu pihaknya sudah membuat surat pemberitahuan untuk tidak memperbolehkan melakukan bentuk kegiatan apapun tanpa adanya koordinasi dari Intansi terkait

"Karena selama ini aktivitas bongkar muat yang mempunyai izin resmi hanya di pelabuhan Jelapat saja," ucapnya. 

Daud Danda melanjutkan, untuk mereka yang ingin melakukan kegiatan serupa di pelabuhan manapun di Barito Selatan ini harus terlebih dahulu koordinasi ke Dinas Perhubungan. 

Mengenai masalah Pelabuhan Pasar Lama yang sempat viral terbawa arus tersebut, ia menjelaskan bahwa Pelabuhan tersebut sudah dihibahkan ke Pemerintah Daerah Barito Selatan, karena pada waktu kejadian itu, pelabuhan tersebut masih dibawah kendali Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah. 

Untuk itu pihaknya bersama DPRD setempat nanti akan mendatangi pihak balai untuk memastikan legalitas surat penghibahan tersebut. 

"Kalau legalitasnya pasti, pemeliharaannya bisa lebih maksimal lagi, mengingat hampir setiap harinya terjadi kegiatan transportasi di Dermaga tersebut," kata Daud Danda.

 

(Ary Mampas) 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments