Kapuas

Drs. Kardinal Tarung Terima Gelar Adat Datuk Rawayang Sambalatuk

KAPUAS  - Damang Jekan Raya yang juga Ketua Forum Damang Kalimantan Tengah, Drs.Kardinal Tarung menerima gelar adat Datuk Rawayang Sambalatuk dari masyarakat adat kecamatan Timpah, pada jumat (02/02/2024). Gelar yang diberikan tersebut menurut damang kecamatan Timpah, karena peran kardinal Tarung dalam bidang Adat dan Kebudayaan selama ini.

Dikatakan Damang Timpah Sumbin Buder Siram arti dari gelar tersebut adalah, Datuk artinya orang tua yang sudah berumur, berwibawa , berkharisma, disegani, dihormati dan patut diteladani.

Kemudian Rawayang adalah, tombak bercagak yang digunakan untuk menolak segala malapetaka, kejahatan maupun kebatilan dan sebaliknya untuk meraih untung tuah rejeki yang berkesinambungan melalui cagaknya. Sedangkan Sambalatok adalah memiliki tanggung jawab terhadap apa yang telah di ucapkan maupun terhadap kesepakatan yang telah diputuskan.

Damang Kecamatan Timpah berharap sesuai dengan gelarnya Datuk Rawayang Sambalatok tersebut, Drs.Kardinal Tarung  dengan jabatannya, bisa memberikan kerja nyata di masyarakat Adat Kalimantan Tengah.

Drs.Kardinal Tarung menilai gelar yang diberikan masyarakat tempat ia dibesarkan dan tempat ia pernah menjabat penilik TK,SD serta Plt Kakandepbud Kecamatan Timpah artinya adalah objektif.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kecamatan Timpah , Damang Kepala Adat dan jajarannya serta masyarakat atas anugerah kehormatan  yang luar biasa diberikan tersebut dan akan menjalankan amanah gelar Datuk Rawayang Sambalatok sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Penganugerahan gelar tersebut disaksikan oleh Kades Timpah, Sekretaris Damang Midel Tarung, Basir Adat, Batamad Danzona Timpah, pendeta dan masyarakat.

(Altius Utama)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments