Kalteng

Dukung Pembentukan Masyarakat Peduli Api

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

ZULI EKO PRASETYO

KUALA PEMBUANG - DPRD Kabupaten Seruyan, sangat mendukung dibentuknya Masyarakat Peduli Api (MPA) l di beberapa desa, sebagai usaha dari pemerintah demi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) selama musim kemarau di wilayah Kabupaten Seruyan.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo, dengan dibentuknya MPA diharapkan bisa membantu pemerintah daerah dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. 

Pembentukan MPA juga dilengkapi kegiatan pelatihan yang dilakukan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seruyan. Tujuannya supaya para relawan yang terbentuk dalam MPA bisa menangani kejadian-kejadian kebakaran lahan dengan tepat.

"Kami dari pihak DPRD sangat mendukung dengan kegitan ini, dengan di bentuknya MPA di setiap desa diharapkan untuk kedepanya bisa menjadi ujung tombah bagi pemerintah daerah Kabupaten Seruyan dalam pencegahan dan maupun penangan Karhutla," ujarnya, Senin (25/10/2021). 

Lebih lanjut ketua DPRD Seruyan menyampaikan bahwa tanggung jawab untuk menjaga dan mencegahan karhutla merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen masyrakat, dan diharapakan dengan dibentuknya MPA di setiap desa ini, bisa memudahkan pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk penanganan karhutla di setiap desa.

Sebab mereka telah dibekali pelatihan dalam penanganan kebakaran hutan secara baik, sesuai prosedur operasional yang tepat, demi keselamatan serta pemadaman secara utuh.

(Giya/Altius) 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments