P. Raya

Dukungan Operasi Tmc Dalam Upaya Pencegahan Karhutla Di Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) mengadakan rapat koordinasi untuk menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2023. Rapat ini dilaksanakan di aula jayang tingang kantor gubernur kalimantan tengah pada hari Jumat, 12 Mei 2023. Rapat ini dipimpin oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, seperti asisten pemerintahan dan Kesra Setda Prov. Kalteng Katma F. Dirun, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya Catur Winarti Unsur Forkopimda, Dinas/Badan Teknis Provinsi Kalimantan Tengah, instansi vertikal Provinsi Kalimantan Tengah, Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan BPBPK Prov. Kalteng serta awak media. 

Dalam rapat koordinasi tersebut, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy pratowo menyatakan bahwa pemerintah memohon dukungan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC), dukungan operasional melalui dana siap pakai (DSP) untuk operasi pemadaman darat, yang dilakukan personel korem 102, panju panjung dan polda kalimantan tengah serta pangkalan TNI AU Iskandar Pangkalan Bun; dan dukungan tambahan tempat penampungan air portabel atau flexible tank sebanyak 28 unit, untuk didistribusikan ke wilayah-wilayah prioritas rawan karhutla.

Selain itu, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menambahkan bahwa gubernur memberikan atensi penuh terhadap karhutla ini. Kita sudah sepakat status siaga darurat karhutla akan dilakukan di bulan mei ini, namun untuk waktunya nanti akan kita sampaikan. 

Rapat koordinasi ini diadakan sebagai upaya pemerintah dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah kalimantan tengah. Sebagai upaya pencegahan, pemerintah melakukan berbagai persiapan dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Diharapkan dengan adanya status siaga darurat karhutla tahun 2023 ini, dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat.

(Harry)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments