P. Raya

Duwel Rawing : Peningkatan Sektor Pendidikan Menjadikan Fokus Perhatian

PALANGKA RAYA - Peningkatan sektor pendidikan setiap tingkatan di Kalteng harus menjadi fokus perhatian pemerintah baik provinsi, kabupaten/kota. Hal itu disampaikan anggota DPRD Kalteng Duwel Rawing. Ia menyoroti perlunya upaya bersama untuk meningkatkan sumber daya manusia atau SDM yang berkualitas.

"Meskipun sektor pendidikan di Kalteng sudah mengalami banyak kemajuan, potensi peningkatannya masih besar. Pembangunan infrastruktur saja tidak cukup tanpa didukung oleh sumber daya manusia yang memadai," katanya.

Menurut Duwel, sampai sekarang ini sektor pendidikan banyak yang perlu diperhatikan baik itu peningkatan sarana dan prasarana gedung sekolah beserta fasilitas pendukungnya maupun pemerataan tenaga guru yang masih kekurangan.

Pengembangan sumber daya manusia menjadi faktor penting dalam pembangunan infrastruktur. Sebab, jika kualitas sumber daya manusia rendah, manfaat dari infrastruktur yang dibangun tidak akan maksimal, dan bahkan dapat dimanfaatkan oleh pihak luar.

Salah satu kendala dalam pengembangan sektor pendidikan adalah kondisi masyarakat, terutama daerah pelosok, yang masih mengalami kendala biaya. Oleh karena itu, program beasiswa menjadi solusi yang paling tepat.

Duwel menegaskan, pemerintah tidak hanya perlu fokus pada pembangunan infrastruktur, melainkan juga sektor pendidikan, untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Harus ada upaya bersama antara legislatif, eksekutif, dan masyarakat dalam meningkatkan sektor pendidikan di provinsi ini.

Dirinya menambahkan, dalam-upaya meningkatkan sektor pendidikan, ia mengajak segenap elemen masyarakat untuk mengambil peran aktif, dengan mengawasi dan mengevaluasi program-program pendidikan agar lebih efektif. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments