Kapuas

Enam Kecamatan Di Kapuas Kembali Dilanda Banjir 

KAPUAS - Sejumlah Kecamatan Di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah kembali dilanda banjir. Sebanyak enam ribu lima ratus empat puluh lima kepala keluarga atau dua puluh tiga ribu dua ratus empat puluh lima jiwa terdampak akibat bencana banjir tersebut.

Bencana banjir di Kabupaten Kapuas terjadi di enam kecamatan dan dua puluh lima desa. Enam kecamatan itu meliputi Kecamatan Mantangai, Pasak Talawang, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Dadahup dan Kecamatan Timpah.

Bencana banjir ini menyebabkan sebanyak tiga ribu sembilan ratus empat puluh unit rumah terendam, lima puluh tiga sarana pendidikan, sebelas sarana kesehatan, empat puluh tujuh rumah ibadah, lima puluh tujuh fasilitas umum dan sebanyak sembilan puluh lima titik akses jalan juga terendam, dengan ketinggian air bervariasi  mulai dari delapan puluh sampai seratus sembilan puluh centimeter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga ketika ditemui pada Kamis 18 Januari 2024, mengimbau kepada warga, khususnya yang berada di bantaran sungai dan peta rawan bencana banjir untuk tetap waspada karena selama bulan Januari ini diprediksi curah hujan masih terus terjadi.

Sementara itu berdasarkan pengecekan tim BPBD Kabupaten Kapuas dibeberapa desa yang terdampak banjir, belum ditemukan warga yang mengalami sakit seperti demam dan diare.

 

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments