P. Raya

Faridawaty Darland Atjeh Tegaskan Sistem Proporsional Tertutup Rugikan Kaum Perempuan

PALANGKA RAYA - Wakil Ketua (Waket) III DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh mengatakan jika dirinya tidak setuju adanya usulan pemilu dengan sistem proporsional tertutup dan lebih setuju pada sistem pemilu proporsional terbuka.

Menurut Farida, bila sistem pemilu proporsional tertutup diselenggarakan hal tersebut akan berpotensi besar merugikan kaum perempuan yang ikut dalam ajang perpolitikan, khusunya dalam pelaksanaan pemilihan legislatif (Pileg).

"Kalau sistem proporsional tertutup, semua akan ditentukan oleh partai. Kami jelas tidak setuju dengan itu. Jika sistem ini diterapkan sama artinya dengan membeli kucing dalam karung, dan nantinya yang paling dirugikan yaitu kaum perempuan," ucapnya, Rabu, 7 Februari 2023.

Dalam aturan perundang-undangan khususnya ranah legislatif telah menetapkan adanya keterlibatan 30 persen kaum perempuan. Ketika sistem proporsional tertutup diberlakukan, maka pemenuhan kuota 30 persen tersebut akan sulit terpenuhi.

"Untuk memenuhi keterlibatan 30 persen kaum perempuan pada pemilu proporsional terbuka saja sudah sulit. Apalagi dengan sistem proporsional tertutup, sebab untuk berada dalam nomor urut 1 sampai 3 sangat sulit bagi perempuan," ujarnya.

Meski tidak menyetujui penerapan sistem pemilu porporsional tertutup, politisi Partai Nasdem ini menyatakan akan tetap siap menjalankan aturan apabila pada akhirnya nanti pemerintah benar-benar memutuskan untuk tidak lagi menerapkan sistem proporsional terbuka.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments