P. Raya

Festival Isen Mulang, Tonjolkan Khas Kalteng

PALANGKA RAYA – Mendekati acara Festival Isen Mulang yang akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan berbagai kesiapan, seperti rapat panitia dan membuat petunjuk dan teknis (juknis).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Adiah Chandra Sari menjelaskan, bahwa untuk selanjutnya diharapkan promosi-promosinya setelah ini mulai ramai. Festival Isen Mulang tersebut akan dilaksanakan secara hybrid.

“Kita saat ini memanfaatkan teknologi digital, serta kebetulan juga, situasi dan kondisinya yang saat ini masih pandemi. Oleh sebab itu kita akan menyelenggarakan berbagai jenis lomba, dan meminta mereka untuk membuat video terlebih dahulu di tempat mereka masing-masing,” jelasnya saat mengunjungi Galeri Central Borneo Souvenir (CBS) di Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalteng, Minggu 6 Maret 2022.

Dia meminta mereka untuk membuat video tarian di lokas mereka masing-masing. Sehingga dengan video itu, akan menjadi alat untuk mempromosikan tempat wisatanya.

“Selanjutnya, setelah mereka membuat video tersebut, mereka harus mengirimkan video tersebut kepada panitia Festival Isen Mulang, dan kita akan menilai video tersebut, serta memilih sekitar 8 dari 14 kabupaten dan kota yang akan masuk ke tahap berikutnya, sehingga mereka akan diundang untuk tampil secara offline di Palangka Raya melalui seleksi video tersebut,” jelas Adiah.

Dalam Festival Isen Mulang tersebut akan menonjolkan beberapa hal seperti, seni, budaya, kuliner dan lainnya.


(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments