P. Raya

Fokus latih SDM Hadapi ancaman Karhutla!!!  DPRD Palangka Raya Dorong Pemerintah Lokal

Palangka Raya - Adanya dorongan agar pemerintah setempat agar memberikan pelatihan peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk menghadapi musim kemarau sebagai tindakan preventif terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal tersebut disampaikan Sigit Widodo, seorang Anggota DPRD Palangka Raya.

Ia mengatakan pada Jumat 12/05/2023, " Sangat krusial kita harus benar benar memastikan adanya SDM kita yang memiliki pelatihan yang memadai dalam Pencegahan karhutla selama musim kemarau ini”, tegasnya.

Menurutnya, memiliki SDM yang terlatih dalam menghadapi karhutla akan memungkinkan mereka untuk berperan secara optimal dalam mengambil tindakan saat terjadi bencana karhutla. Sehingga dapat meminimalisir dampak kebakaran tersebut.

"Dengan SDM yang terlatih, mereka akan memiliki pengetahuan tentang tindakan yang harus diambil di lapangan ketika terjadi karhutla, Karena insting dan kesigapan mereka sudah terasah," tambahnya.

Tak lupia mengingatkan bahwa mengantisipasi dan mencegah karhutla merupakan tanggung jawab bersama. Selain pemerintah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran, kepolisian, tentara, masyarakat, dan berbagai pihak lainnya juga memiliki peran penting dalam upaya ini.

"Oleh karena itu, setiap kelurahan perlu memiliki kelompok masyarakat peduli api (MPA), dan perusahaan-perusahaan juga harus aktif dalam menyosialisasikan pencegahan karhutla kepada masyarakat," tutupnya.

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments