Kotim

FRAKSI GERINDRA WALKOUT, REPOSISI ANGGOTA FRAKSI PAN DPRD KOTIM TUAI POLEMIK

Sampit - Reposisi jabatan Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) yang dilakukan hari Senin tanggal 14 Juni 2021 menuai polemik.

Pimpinan Fraksi Gerindra DPRD Kotim, H.Ary Dewar menyatakan tidak setuju jika reposisi ini dilakukan pada pertengahan tahun. Bahkan sebagai bentuk penolakan itu mereka memilih Walkout atau meninggalkan ruang paripurna.

“Untuk keputusan Fraksi PAN kami dari Fraksi Gerindra tidak ikut campur, namun ini menyangkut dengan kelembagaan. Karena ada perubahan ketua komisi yaitu Komisi IV, dan berdasarkan tata tertib dewan pergantian pimpinan itu di usulkan awal tahun,” kata Ary Dewar.

Menurut Ary Dewar, kalau hal ini dipaksakan disetujui, Fraksi Gerindra menganggap lembaga sudah melanggar tata tertib yang dibuat sendiri.

“Kalau reposisi hanya di Komisi IV tidak masalah, karena kita ketahui di Komisi IV memang Fraksi PAN. Tapi ini ada yang keluar dan ada yang masuk ke Komisi IV, jika ini tetap dilakukan dikemudian hari ada masalah kami tidak ikut bertanggung jawab,” tegasnya.

Bahkan Ary Dewar bersama Anggota Fraksi Gerindra lainnya langsung meninggalkan ruang paripurna, sebelum rapat dinyatakan selesai dan ditutup.

Sementara itu M Kurniawan Anwar yang sudah disepakati akan menduduki jabatan Ketua Komisi IV mengatakan, kesepakatan ini sudah disepakati saat rapat pimpinan (rapim) dan badan musyawarah (banmus).

“Sehingga hari ini hanya membacakan bukan membuat kesepakatan lagi. Kami sudah membuat kesepakatannya yang ditandatangani seluruh anggota fraksi PAN,” tegas Kurniawan.

Hal senada juga disampaikan oleh Rimbun selaku Anggota Fraksi PDI Perjuangan, menurutnya tidak ada alasan untuk tidak setuju karena kesepakatan ini sudah disepakati saat rapim yang dihadiri semua unsur pimpinan dan seluruh ketua fraksi yang ada di DPRD Kotim.

“Artinya saat rapim kemarin semua sudah sepakat dan setuju, jadi tidak ada alasan lagi hari ini tidak setuju. Jangan sampai apa yang sudah disepakati ditarik kembali,” ungkap Rimbun.


(Infodprdkotim/Syachwandi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments