P. Raya

Freddy Ering : Disdukcapil  Agar Penuhi Kebutuhan Pendataan Penduduk Pelosok Kalteng

PALANGKA RAYA – pelayanan pemerintah di bidang pendataan kependudukan kepada masyarakat harus dapat menjangkau warga yang ada di pedalaman kalimantan tengah.

Politisi PDI Perjuangan Kalteng, Yohannes Freddy Ering menerangkan, tugas yang diemban pihak eksekutif melalui Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ini diminta agar melakukan kegiatan jemput bola.

Dirinya menekankan, persoalan pendataan kependudukan ini menurutnya butuh kerja ekstra oleh pihak eksekutif. Karena data kependudukan tersebut nantinya akan dipergunakan untuk banyak kepentingan, seperti halnya kepesertaan dan data pemilih saat pemilihan umum atau pemilu.

“terutama warga kita yang ada di daerah pedalaman. Karena untuk memperoleh dokumen kependudukan ini merupakan hak semua warga, jadi jangan sampai pendataan penduduk dilakukan setelah mendekati pemilu, semua harus dipersiapkan dari sekarang. Jika itu terjadi, bukan tidak mungkin ada masyarakat yang tidak terdata,” tegasnya. Rabu 23 Maret 2022.

Pihaknya berharap, eksekutif harus bisa memanfaatkan semua komponen yang dimiliki, seperti perangkat desa maupun kelurahan, hingga kecamatan.

“tentunya kita ingin pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang berjalan dengan sukses, maka dar itu harus semuanya dipersiapkan, sehingga pemilu dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkasnya. 


(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments