P. Raya

GBI Rock Palangka Raya, Rayakan Paskah Dengan Donor Darah

PALANGKA RAYA - Sebagai bentuk kepedulian sosial dalam kasih, pada ibadah  perayaan paskah, Gereja Bethel Indonesia Refresentative Of Christ Kingdom (GBI Rock) Palangka Raya, melaksanakan donor darah bagi jemaatnya, bekerja sama dengan palang merah indonesia (PMI) Palangka Raya, di halaman gereja GBI Rock Palangak Raya, Minggu 17 / 4 / 2022.

Bersamaan dengan ibadah perayaan paskah, aksi donor darah GBI Rock Palangka Raya menjadi momentum merefleksikan diri untuk memiliki kepedulian dan kasih terhadap sesama.

Kepedulian yang ditunjukan oleh jemaat GBI Rock Palangka Raya, diikuti dengan antusias warga jemaat baik yang sudah rutin mendonor atau yang baru pertama mendonorkan darahnya.

Pendeta (Pdt). Rudy Rasidi  di sela ibadah  mengatakan, donor darah ini mempunyai manfaat dari sisi kesehatan yaitu, meningkatkan sel darah merah, menurunkan kolesterol, memjaga kesehatan jantung serta membantu mendeteksi dini penyakit.

Kegiatan donor ini sudah rutin di lakukan setiap tahun pada setiap perayaan  paskah, untuk membantu menyediakan stok darah pada bulan ramadhan ini.

Wawan petugas pmi juga analis kesehatan unit transfusi darah, mengatakan untuk bisa mendonor pastikan 3 hari sebelumnya tidak minum obat,  malam tidak begadang serta bagi yang sudah pernah donor per 2 bulan baru bisa donor kembali. Wawan juga berterima kasih debgan kepedulian jemaat gbi rock palangka raya dan berharap kegiatan ini bisa rutin dilakukan, terlebih saat ini sering mengalami kekosongan stok darah.

Beberapa jemaat GBI Rock yang rutin melakukan donor darah, merasa tidak ada efek samping setiap mendonor. Sebaliknya badan terasa segar  ringan, tidak sakit kepala serta enak tidur dan kesehatan bertambah.

Sebelum mendonor peserta harus mengisi data terlebih dulu dan dilakukan skrening kesehatan dengan pengambilan sample darah, layak atau tidak untuk ikut mendonorkan darahnya.  Dari sekian banyak valon pendonor, ada  peserta yang tidak lolos skrening  karena baru minum obat, tekanan darah yang tinggi atau rendah, bahkan ada yang baru saja divaksin.

(Altius Utama)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments