P. Raya

Malam Paskah, Tradisi Ziarah Makam Di Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA  - Memanjatkan doa dan mengenang kerabat dan keluarga yang lebih dahulu berpulang. Tradisi unik pada malam paskah di kota Palangkaraya kini kembali ramai dikunjungi para peziarah.

Ratusan warga memadati komplek pemakaman umum (TPU) Kristen Palangkaraya, di jalan tjilik riwut kilometer dua setengah (2,5) Kota Palangkaraya. Para peziarah telah banyak berkumpul sejak sore hari sabtu, 16 april 2022.

Ramainya pengunjung peziarah juga di manfaatkan oleh sejumlah pedagang yang menjualkan lilin hingga karangan bunga.

Tradisi ziarah makam secara turun temurun dilakukan oleh umat kristiani, menyambut malam paskah dengan membersihkan makam keluarga, menyalakan lilin dan memanjatkan doa. Momen paskah ini selalu diperingati dan dimanfaatkan oleh segenap keluarga untuk berkumpul dan mengenang kembali kepada kerabat atau keluarganya yang terlebih dulu berpulang.

Tradisi unik pada malam paskah di wilayah kota Palangkaraya kini telah kembali lagi.  Sebelumnya, pemerintah kota Palangkaraya sempat mengumumkan untuk meniadakan tradisi ziarah hingga menginap serta berkumpul-kumpul semenjak tahun 2020 lalu, sebagai penyesuaian di tengah kondisi pandemi covid19 kala itu.

Akan tetapi, tradisi ziarah kini kembali dilakukan, namun dengan syarat para peziarah makam tetap menaati dan menerapkan protokol kesehatan guna menghindari penularan covid19.

 

(Surya Adi Winata)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments