Barsel

Gelar Pelatihan, Pemkab Barsel Dukung Pemberdayaan UMKM

BUNTOK - Dalam rangka mendukung pemberdayaan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah setempat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) menggelar pelatihan, bertempat di Aula Hotel Afiat Jaya, jalan Pelita Raya, Buntok, Kamis (16/2/2023).

Saat membuka acara tersebut Pj. Bupati Barsel Lisda Arriyana mengapresiasi program yang dilakukan oleh Disperindagkop UKM tersebut dan sangat mendukung sepenuhnya kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun itu.

Ia mengatakan, UMKM menjadi salah satu program strategis nasional yang bisa bertahan hingga saat ini. Sehingga semua sektor Kementerian menggiatkan UMKM termasuk Pemkab Barsel untuk mendukung pemberdayaan para pelaku UMKM ini guna lebih kreatif lagi dalam menjalankan usahanya.

Lisda berharap, tahun ini pembangunan tempat khusus untuk pelaku UMKM di Kota Buntok yang berlokasi di Taman Iring Witu cepat terealisasi, karena perhatian pemerintah sangat besar kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Barsel ini.

Kepala Disperindagkop UKM Barsel Swita Minarsih menyampaikan, pelatihan ini bertujuan untuk melatih para peserta khususnya pelaku UMKM dalam mengolah makanan yang hendak dijualnya, seperti pengolahan aneka makanan berbahan dasar buah, sayur, ikan dan daging.

Swita menambahkan, kegiatan ini digelar selama dua hari dan pesertanya dari Industri Kecil Menengah (IKM) pemula yakni para ibu-ibu rumah tangga, GenRe (Generasi Muda Berencana) didaerah setempat dan tenaga kontrak di lingkup Disperindagkop UKM Barsel. Ia berharap peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat mempraktek-kannya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian keluarganya masing-masing.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments