Barsel

Musrenbang Sebagai Wadah Untuk Usulan Prioritas

BUNTOK - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barsel Edy Purwanto menyampaikan bahwa pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sebagai wadah/tempat untuk menyampaikan ususlan-usulan prioritas guna pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barsel Edy Purwanto yang mewakili Pj. Bupati pada pelaksanaan Musrenbang tahun 2023, di Aula Kantor Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), Selasa (14/2/2023).

Dikatakan Sekda, Musrenbang terutama di tingkat Kecamatan adalah forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program-program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan (DURKP) Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten/Kota.

Sekda menyampaikan, terkait dengan fokus/prioritas pembangunan Tahun 2024, pemerintah daerah melalui Bappeda Kabupaten Barsel telah menyusun fokus/prioritas pembangunan yang sudah diselaraskan dengan fokus pembangunan Provinsi dan Nasional.

Sedangkan untuk tema pembangunan daerah tahun 2024 yang akan menjadi rujukan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Barsel tahun 2023-2026 untuk mendorong terwujudnya iklim investasi daerah yang kondusif, disertai dengan pemantapan pembangunan jaringan infrastruktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Oleh sebab itu, Pemkab Barsel menetapkan arah kebijakan untuk pembangunan tahun 2024 yang selaras dengan arah kebijakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang mendukung pelaksanaan program prioritas Nasional (Major Project).

"Yaitu peningkatan iklim investasi daerah yang kondusif, peningkatan pelayanan publik, pengelolaan pemerintahan yang baik, perbaikan kualitas sarana dan prasarana infastruktur daerah, penurunan angka stunting dan kemiskinan, peningkatan kualitas sumber daya manusia serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," jelas Edy Purwanto

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments