Kapuas

H. Edy Pratowo dampingi Mentan RI Syahrul Yasin Limpo melaksanakan kunjungan kerja ke Kawasan Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5 Dadahup Kabupaten Kapuas

KUALA KAPUAS – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo dampingi Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo melaksanakan kunjungan kerja ke Kawasan Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5 Dadahup Kabupaten Kapuas, Kamis 23 Februari 2023.

Wagub mengatakan untuk menyukseskan Program Food Estate ini harus adanya kolaborasi antara Pemprov. Kalteng dengan Pemkab setempat. “Kita harus ubah mindset kita bahwa lahan yang ada di wilayah Kalimantan Tengah itu tidak sama seperti di Pulau Jawa, Sumatera, ataupun Sulawesi. Tapi kita harus yakin dan pantang mundur dengan sama-sama mengejar agar program ini bisa terwujud dengan baik ke depannya, sesuai harapan masyarakat Kalimantan Tengah dan Indonesia,” kata Wagub.

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo menyampaikan Food Estate Kalimantan ini jangan dilihat dari apa yang dihasilkan hari ini, tetapi dilihat dari suatu konsep yang menembus masa depan secara nasional. “Ingat, kita tidak bisa bertumpu hanya di Jawa, Makasar, dan lain-lain, karena lahan yang siap dan tersedia cukup luas ada di Kalimantan, termasuk Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Lebih lanjut Mentan menambahkan, Presiden Joko Widodo menyebut Food Estate ini sebagai sentra untuk mendorong sebuah perencanaan-perencanaan ketahanan pangan Indonesia ke depannya.

Sebelumnya Mentan RI Syahrul Yasin Limpo juga telah melaksanakan kunjungan kerja di lokasi yang sama pada Sabtu 26 November 2022 lalu. Kunjungan pertama Mentan tersebut dalam rangka percepatan tanam lahan ekstensifikasi Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5 Dadahup, Kabupaten Kapuas.

Turut hadir Bupati Kapuas Ben Brahim, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Leonard S. Ampung, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Herson B. Aden, Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng Kaspinor, dan Plt. Kepala Dinas Perkebunan Prov. Kalteng Rizky R. Badjuri.

Hadir pula mendampingi Mentan, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Ali Jamil, Dirjen Tanaman Pangan Suwandi, Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Nasrullah, Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian Fadjri Jufri, dan Stafsus Mentan Imam Mujahidin Fahmid.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments