P. Raya

H. Hasan Busyairi Soroti Serapan Anggaran Dinas Pendidikan

PALANGKA RAYA - Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi mengatakan, terdapat dana sebesar Rp21 miliar yang belum terserap oleh dinas pendidikan.

Hal itu berdasarkan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah APBD tahun anggaran 2022 yang disampaikan pada rapat paripurna bulan lalu.

“Dana yang tidak terserap sebesar Rp21 miliar adalah jumlah yang cukup besar. Berdasarkan informasi yang kami dapat, masalah ini disebabkan oleh pemberian dana yang berlebihan dari pusat,” katanya, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Politisi dari Partai Golkar tersebut menambahkan bahwa informasi yang diterima menunjukkan adanya masalah terkait gaji guru bersertifikasi.

Selanjutnya, masalah kedua adalah ditemukannya kasus guru bersertifikasi yang sudah menerima bantuan dari pusat, tetapi ternyata mereka sudah pensiun. Akibatnya, dana yang seharusnya diterima oleh guru-guru bersertifikasi tersebut tidak terserap dengan baik.

Hasan menyarankan agar dinas terkait dapat memantau dan mengamati data base pegawai, sehingga dapat diprediksi apakah ada guru atau pegawai lain yang akan pensiun dalam satu tahun ke depan. Dengan begitu, alokasi dana dapat dilakukan dengan tepat dan pihak dinas tahu berapa jumlah yang harus dibayarkan.

(Deddi)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments