P. Raya

H. Nuryakin Hadiri Bimtek Aplikasi SIPD Penatausahaan dan Pelaporan

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryakin buka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi SIPD Penatausahaan dan Pelaporan, yang berlangsung di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya.

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan apresiasinya atas diselenggarakannya acara tersebut. “Dengan adanya pelatihan ini kami berharap setiap PPK-SKPD, Bendahara Penerimaan/ Bendahara Penerimaan Pembantu, Bendahara Pengeluaran/ Bendahara Pengeluaran Pembantu dan Penyusun Laporan Keuangan SKPD dapat memantapkan pengetahuan dan kemampuannya dalam penggunaan SIPD Penatausahaan di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Sekda.

Lebih lanjut Sekda menambahkan, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah merupakan pokok kebijakan sebagai petunjuk arah bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam melaksanakan penatausahaan dan pelaporan Keuangan. istem Informasi Pembangunan Daerah atau SIPD merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan di daerah, khususnya dalam hal ketersediaan data yang valid untuk analisis perencanaan pembangunan dan pemetaan. Penggunaan aplikasi SIPD difokuskan kepada pemanfaatan informasi yang dihasilkan berdasarkan pengolahan data yang telah diinput oleh Pemerintah Daerah.

Oleh karena itu, faktor kelengkapan, kemutakhiran, keakuratan dan validitas data menjadi unsur penting dalam proses pengumpulan dan penginputan elemen data, yang kemudian diolah lebih lanjut untuk menghasilkan analisa data dalam aplikasi SIPD. Karena, keberhasilan pembangunan didukung dengan adanya perencanaan dan kebijakan yang baik, efektif dan efisien, serta data yang valid dan up to date.

Turut hadir dalam acara pembukaan bimtek tersebut, Kepala Bidang pengelolaan data dan Informasi Pusdatin Yanuar Andriyana Putra beserta jajaran, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Prov. Kalteng Syahfiri, serta Bendahara Keuangan, Pejabat Penatausahaan Keuangan dan Penyusun Laporan Keuangan Perangkat Daerah lingkup Prov Kalteng.

 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments