P. Pisau

Hanya 2 Kali Musim Tanam Untuk Optimalkan hasil Pertanian

Pulang Pisau – Perbedaan musim sangat mempengaruhi hasil pertanian di kabupaten Pulang Pisau, hal ini dingkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Slamet Untung Riyanto.

Menurutnya kendala cuaca serta serangan serangga ketika masuk bulan Oktober dan November akan mempengaruhi keberhasilan panen padi di tingkat petani, sehingga akan sering memicu kegagalan tanam di musim ketiga setiap tahunnya.

Namun dirinya mengharapkan dalam dua kali musinm tanam, petani dapat mengoptimalkan pertanian padi sehingga panen padi dapat menghasilkan padi yang melimpah.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat tentang ketidakmampuan petani melaksanakan masa tanam ke tiga dalam setiap tahunnya, disamping factor cuaca, SDM petani di Kabupaten Pulang Pisau belum mampu.

“Jika dipaksakan, kasihan petani karena cuaca, tidak mungkin akan melawan cuaca karena itu hal yang mustahil. Belum lagi menghadapi hama tikus yang pada bulan tertentu akan beranak-pinak untuk memakan padi yang ada, tegas Slamet.

Pertanian di Pulang Pisau sangat bergantung dengan pasang surut air sungai, sehingga perlu dilakukan terobosan untuk mengatasi kendala pasang surut air sungai maupun air laut.

(Surya Adi Winata)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments